kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pangeran William dari Inggris Diskusikan Perubahan Iklim dengan Sekjen PBB


Rabu, 20 September 2023 / 09:27 WIB
Pangeran William dari Inggris Diskusikan Perubahan Iklim dengan Sekjen PBB
ILUSTRASI. Britain's William, Prince of Wales waves at the crowd gathered outside Sandringham Estate, following the death of Britain's Queen Elizabeth, in eastern England, Britain, September 15, 2022. REUTERS/Marko Djurica


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  NEW YORK. Pangeran William dari Inggris telah bertemu dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, di New York. 

Dalam pertemuan yang berlangsung pada Senin tersebut, mereka membahas upaya penting dalam mempercepat perlawanan terhadap perubahan iklim serta perlindungan lingkungan, demikian menurut juru bicara PBB.

Keduanya juga mengulas upaya meningkatkan implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan serta pendanaan pembangunan.

Baca Juga: Harry-Meghan Rilis Dokumenter Netflix, Media Inggris Sebut Jahat

Pangeran William mengunjungi PBB, sebuah badan internasional dengan 193 anggota negara, di mana para pemimpin dunia berkumpul untuk Majelis Umum PBB yang diadakan setiap tahun. Antonio Guterres akan menjadi tuan rumah pertemuan khusus tentang iklim pada hari Rabu yang akan datang.

Dalam dua hari berikutnya, yaitu Senin dan Selasa, para pemimpin akan membahas Tujuan Pembangunan Berkelanjutan — sebuah agenda yang dicanangkan pada 2015, yang mencakup upaya penghapusan kelaparan, kemiskinan ekstrem, perlawanan terhadap perubahan iklim, serta pencapaian kesetaraan gender. Guterres menegaskan bahwa pencapaian tujuan-tujuan tersebut memerlukan sebuah "rencana penyelamatan global."

Sebagai bagian dari kunjungannya ke New York, Pangeran William akan menghadiri Earthshot Prize Innovation Summit. Di sana, ia akan memperkenalkan finalis tahun ini untuk penghargaan yang diluncurkannya pada 2020 sebagai upaya menemukan solusi bagi masalah lingkungan besar.

Baca Juga: Pangeran William: Ratu ELizabeth Pasti Sangat Bangga atas Penobatan Raja Charles

"Sekitar delapan puluh tahun yang lalu, dunia berkumpul di kota ini, mencari solusi bersama melalui PBB untuk menghadapi tantangan global," ujar Pangeran William setelah tiba di New York. 

"Saya percaya bahwa generasi kita mampu mengambil langkah-langkah berani yang diperlukan untuk menciptakan perubahan ke arah dunia yang lebih sehat dan berkelanjutan."

Pada hari Selasa, Pangeran William akan bertindak sebagai tuan rumah, menerima para pemimpin bisnis, aktivis iklim, dan pembuat kebijakan, di antaranya Utusan Khusus Iklim PBB, Michael Bloomberg, mantan Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, serta salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates.

Baca Juga: Diundang ke Penobatan Raja Charles, Apakah Harry & Meghan Akan Hadir?

Ini merupakan kunjungan Pangeran William ke New York yang pertama sejak 2014. Pada Desember yang lalu, ia telah mengunjungi Boston untuk menghadiri upacara penghargaan Earthshot Prize dan bertemu dengan Presiden Joe Biden.




TERBARU

[X]
×