Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - BEIJING. Pangsa pasar Apple di China menyusut sebesar dua poin persentase pada kuartal kedua tahun 2024.
Raksasa teknologi ini menghadapi persaingan yang semakin ketat dari rival seperti Huawei, menurut data dari perusahaan riset pasar Canalys.
Penurunan ini menyoroti kesulitan yang dihadapi perusahaan teknologi AS ini di pasar terbesar ketiganya.
Pengiriman smartphone Huawei melonjak 41% secara tahunan (YoY) pada kuartal II 2024, didorong oleh peluncuran seri Pura 70 barunya pada bulan April.
Baca Juga: Layar Sentuh iPhone Kurang Sensitif? Begini Tips Rahasia untuk Memperbaikinya
Data Canalys, meskipun tidak memberikan angka pengiriman spesifik untuk Apple, menunjukkan bahwa pangsa pasar perusahaan ini di China turun menjadi 14% pada kuartal kedua tahun 2024, turun dari 16% pada kuartal yang sama tahun 2023.
Akibat penurunan ini, peringkat Apple di pasar smartphone China turun dari posisi ketiga menjadi keenam.
Canalys mengatakan, secara keseluruhan, pengiriman smartphone di China naik sebesar 10% pada kuartal ini.
Vivo menjadi vendor teratas dengan pangsa 19%, diikuti oleh Oppo, Honor, dan Huawei dengan masing-masing 16%, 15%, dan 15%.
Baca Juga: Huawei dan Tencent Mendekati Sepakat Kecualikan WeChat dari Pembagian Pendapatan
"Produsen domestik telah menunjukkan kepemimpinan pasar, menempati lima posisi teratas di pasar China daratan untuk pertama kalinya dalam sejarah," kata Lucas Zhong, analis riset di Canalys.
"Di sisi lain, Apple menghadapi tekanan pertumbuhan di pasar China dan secara aktif fokus pada optimalisasi manajemen saluran."
Huawei melakukan comeback ke segmen smartphone kelas atas pada bulan Agustus tahun lalu dengan merilis perangkat yang didukung oleh chip buatan dalam negeri, menentang sanksi AS yang telah memutus aksesnya ke rantai pasokan chipset global.
Dalam upaya meningkatkan penjualan, Apple telah meningkatkan upaya diskonnya tahun ini untuk menarik konsumen.
Baca Juga: Pasar Smartphone Global Tumbuh 6,5% pada Q2, Dipimpin Samsung dan Apple
Perusahaan AS ini meluncurkan kampanye agresif pada bulan Mei, menggandakan skala promosi sebelumnya pada bulan Februari dan menawarkan potongan harga hingga 2.300 yuan (US$318.84) pada model iPhone tertentu.
Analis memperkirakan kinerja kuat Huawei akan berlanjut sepanjang tahun ini.
Perusahaan riset Kanada, TechInsights, memperkirakan sebelumnya tahun ini bahwa pengiriman smartphone Huawei secara keseluruhan di China akan melebihi 50 juta unit pada tahun 2024, dengan seri Pura 70 menyumbang 10 juta dari pengiriman tersebut.
Hal ini akan menjadikan Huawei penjual nomor satu dengan pangsa pasar 19%, naik dari 12% pada tahun 2023, kata TechInsights.