Pedoman baru: Masker tidak lagi diwajibkan untuk aktivitas luar ruangan di Beijing

Jumat, 21 Agustus 2020 | 05:40 WIB Sumber: People's Daily
Pedoman baru: Masker tidak lagi diwajibkan untuk aktivitas luar ruangan di Beijing

ILUSTRASI. Warga menggunakan masker saat mengendarai sepeda dan motor di Beijing, China. REUTERS/The Yomiuri Shimbun


KONTAN.CO.ID - BEIJING. Penduduk Beijing diizinkan untuk tidak memakai masker wajah di luar ruangan. Hal ini berdasarkan pedoman terbaru yang dikeluarkan oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Beijing pada hari Kamis (20/8/2020).

Namun, sesuai dengan pedoman yang difokuskan pada kegiatan di luar, warga tetap harus menggunakan masker saat berhubungan dekat dengan orang lain, terkecuali pasangannya.

Melansir People's Daily, saat warga pergi ke tempat olahraga, mereka harus mengikuti peraturan dan mendapatkan izin sebelum masuk.

Baca Juga: Seluk-beluk D614G, virus corona yang bermutasi jadi 10 kali lebih menular

Orang tua atau wali harus mendampingi anak dalam beraktivitas di luar ruangan dan memperhatikan kebersihan diri anak. Mereka harus mengingatkan anak-anak untuk tidak menyentuh mata, mulut, dan hidung dengan tangan saat bermain dengan mainan di fasilitas bersama atau umum.

Dalam kegiatan di luar ruangan, penghuni tidak boleh meludah ke tanah, dan sebaiknya menggunakan tisu atau siku untuk menutup mulut saat bersin dan batuk. Sekresi mulut dan hidung, serta dahak, harus ditutup dengan kertas dan dibuang ke tempat sampah.

Baca Juga: Ini harga vaksin virus corona buatan Sinopharm asal China kelak

Pedoman lain yang masih dianjurkan adalah warga harus mencuci tangan begitu tiba di rumah.

Pedoman baru tersebut keluar setelah hampir dua minggu Ibu Kota Beijing melaporkan tak ada kasus baru virus corona. China sebagian besar telah mengendalikan pandemi, memerangi wabah yang terjadi sporadis dengan pengujian massal dan pelacakan kontak.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru