kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Pelabuhan Singapura dipenuhi kapal tanker yang berisi minyak


Senin, 27 April 2020 / 17:41 WIB
Pelabuhan Singapura dipenuhi kapal tanker yang berisi minyak
ILUSTRASI. Pipa kilang minyak.


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Pelabuhan di Singapura penuh kapal tanker pengangkut minyak. Kapal tanker ini menunggu waktu untuk diturunkan. Tapi saat ini permintaan tengah berkurang. 

Rahul Kapoor Kepala Analis Komoditas dan Penelitian IHS Markit seperti dikutip Bloomberg menjelaskan, ada 60 tanker bahan bakar yang saat ini berlabuh di Singapura. Angka ini meningkat dari biasanya 30-40 kapal tanker. 

Beberapa kapal digunakan untuk menimbun bahan bakar di laut saat tangki di daratan terisi penuh. Yang lain mungkin diparkir, menunggu untuk dialihkan ke pembeli yang bersedia di seluruh Asia dan dunia. 

Baca Juga: Aspermigas: Anjloknya harga minyak akan timbulkan respons beragam pebisnis

Kapal-kapal yang dipenuhi minyak termasuk bensin dan bahan bakar jet tak bergerak dari pusat-pusat kilang utama seperti Korea Selatan dan China. Ini karena permintaan domestik dan stok membengkak. Tanker-tanker ini berlabuh di Selat Singapura karena pasokan yang berlimpah diperparah dengan penundaan pembongkaran di Singapura. 

Kapal tanker saat ini harus menunggu sekitar dua minggu untuk mengeluarkan kargo di Singapura. Padahal biasanya hanya membutuhkan waktu empat sampai lima hari. 

Tempat penyimpanan secara global telah penuh karena kapasitas tangki di darat sudah penuh. Sehingga perusahaan penyuling dan infrastruktur mencari alternatif seperti pipa dan kapal. 
Bloomberg sebelumnya melaporkan, beberapa tanker tidak banyak digunakan di Singapura karena tarif yang dikenakan jauh lebih tinggi, bahkan Singapura telah berhenti menyewakan ruang kepada pelanggan baru. "Tapi kini negara pengekspor bahan bakar utama menghadapi kesulitan untuk menemukan tempat menyimpan minyak saat kelebihan pasokan seperti sekarang," kata Sri Paravaikkarasu, Kepala Konsultan Industri Minyak FGE. 

Di Singapura, tingkat pemrosesan minyak mentah di kilang pun turun menjadi sekitar 60% dari kapasitas, dan turun lebih jauh ke level 50% selama kuartal kedua. 

Tempat penyimpanan darat terlihat di seluruh wilayah. Di India, tanker telah memenuhi 95% pada pekan lalu ketika para penyuling mencari ruang untuk menampung kelebihan bahan bakar. Bahkan beralih ke stasiun pompa dan depo. 

Stok bahan bakar di Singapura naik ke level tertinggi empat tahun pada pertengahan April. Sehingga memanfaatkan tanker menjadi pilihan terbaik. Perusahaan analitik Vortexa memperkirakan, penyimpanan minyak mentah terapung di Asia kali ini cukup padat dalam empat tahun terakhir. 

Baca Juga: Harga minyak WTI turun, kapasitas tangki yang penuh bisa bikin harga kembali negatif

Dengan mempertimbangkan perairan Singapura dan Malaysia, perusahaan data intelijen Kpler melihat, terjadi peningkatan 45% dalam sebulan pada volume bahan bakar. Terdiri dari nafta, bensin, bahan bakar jet dan diesel yang disimpan di kapal ke 6,64 juta barel pada 23 April.

Di seluruh dunia, tarif pengiriman dengan kapal tanker juga melonjak secara dramatis seiring meningkatnya permintaan penyimpanan. Pengirim juga menggunakan strategi dan sengaja mengurangi kecepatan kapal tanker agar waktu transit lebih lama sambil menanti minat beli dari pelanggan, atau menghemat bahan bakar. 

Harga minyak WTI untuk kontrak pengiriman Juni 2020 di Nymex hingga pukul 17.35 WIB turun 16,65% menjadi US$ 14,12 per barel. Sedangkan minyak jenis brent untuk kontrak pengiriman Juni 2020 di bursa ICE turun 3,92% menjadi US$ 20,6 per barel. 



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×