kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pembahasan Batas Utang AS Ditunda Awal Pekan Depan, Opsi Pemotongan Belanja Disiapkan


Jumat, 12 Mei 2023 / 05:55 WIB
Pembahasan Batas Utang AS Ditunda Awal Pekan Depan, Opsi Pemotongan Belanja Disiapkan


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Joe Biden dengan DPR AS untuk membahas plafon utang yang sedianya akan digelar Jumat (12/5) ditunda. Juru Bicara Gedung Putih mengungkapkan, para pemimpin sepakat untuk menggelar pertemuan tersebut pada awal pekan depan.

Mengutip Reuters, Jumat (12/5) kini para staf dari kedua belah pihak telah memulai membahas cara-cara untuk membatasi pengeluaran federal. Pembicaraan tentang peningkatan plafon utang pemerintah sebesar US$ 31,4 triliun untuk menghindari gagal bakal terus berlanjut.

"Staf akan terus bekerja dan semua pemimpin setuju untuk bertemu awal minggu depan," kata juru bicara tersebut.

Baca Juga: Peringatan JPMorgan: Kebuntuan Soal Plafon Utang Dapat Menyebabkan Kepanikan

Sebelumnya, Gedung Putih menyatakan, Pembantu Biden, Pemimpin Republik Dewan Perwakilan Rakyat Kevin McCarthy, Senator Republik Mitch McConnell dan Demokrat Hakeem Jeffries dan Chuck Schumer bertemu Rabu dan Kamis untuk membahas peningkatan plafon utang.

Pejabat Gedung Putih mengakui bahwa mereka harus menerima beberapa pemotongan pengeluaran atau batasan ketat untuk pengeluaran di masa depan jika mereka ingin mencapai kesepakatan, menurut dua sumber, sambil bersikeras mereka harus mempertahankan undang-undang iklim khas Biden yang disahkan sesuai garis partai tahun lalu.

RUU Partai Republik untuk menangguhkan batas pinjaman yang disahkan pada bulan April akan memangkas pengeluaran pemerintah ke level tahun 2022, membatasi pertumbuhannya di masa depan di bawah inflasi dan mencabut insentif untuk energi terbarukan, kendaraan listrik, dan teknologi ramah iklim lainnya yang disahkan dalam undang-undang Biden.

McCarthy mengatakan kepada wartawan di Capitol bahwa penundaan itu bukan pertanda ada masalah dalam pembicaraan. Menurutnya, staf akan bertemu lagi besok.

Sumber mengungkap, kedua belah pihak juga memperdebatkan berapa lama untuk mendorong showdown pagu utang potensial berikutnya.

Biden dan Demokrat lebih suka jendela dua tahun, mendorong tindakan legislatif apa pun di luar pemilihan presiden 2024, tetapi mereka mungkin harus menerima pemotongan pengeluaran yang lebih besar atau batasan yang lebih ketat untuk mendapatkan lebih banyak waktu, kata sumber itu.

"Tingkat pengeluaran adalah kuncinya," kata Perwakilan Republik Daniel Webster sebelum pembicaraan dijadwalkan ulang.

"Pemotongan pengeluaran adalah tempat di mana kita terjebak. Tidak dengan semuanya, tapi dengan daftarnya. Tidak harus dalam urutan apa pun, hanya saja kita menginginkannya."

Baca Juga: Partai Republik Menentang Setelah Biden Gelar Rapat untuk Bahas Plafon Utang AS

Fakta bahwa pemotongan dan pembatasan pengeluaran sedang dibahas dapat menjadi tanda kemajuan dalam pembicaraan di mana Demokrat telah lama mendorong pencabutan pagu utang tanpa syarat. Sementara Partai Republik menuntut banyak perubahan kebijakan selain pemotongan pengeluaran yang tajam.

Gedung Putih menggambarkan penundaan itu sebagai perkembangan positif.

Departemen Keuangan mengatakan, Pemerintah federal AS terancam kehabisan uang untuk membayar tagihannya paling cepat 1 Juni, kecuali plafon utang dinaikkan.

Biden akan meninggalkan AS minggu depan untuk menghadiri pertemuan G7 di Jepang, dan hanya tinggal beberapa hari lagi ketika dia dan pimpinan DPR dan Senat akan berada di Washington sebelum tenggat waktu itu.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×