kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintahan AS akan larang maskapai China masuk AS pada pertengahan Juni


Rabu, 03 Juni 2020 / 21:47 WIB
Pemerintahan AS akan larang maskapai China masuk AS pada pertengahan Juni
ILUSTRASI. A staff member wearing a face mask is seen behind a counter for China Eastern airlines at the Beijing Daxing International Airport, as the country is hit by an outbreak of the novel coronavirus, in Beijing, China February 20, 2020. REUTERS/Tingshu Wang


Sumber: Reuters | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -WASHINGTON. Pemerintahan Presiden Donald Trump berencana  melarang  maskapai penerbangan Tiongkok terbang ke Amerika Serikat mulai pertengahan Juni.  Ini demi menekan Beijing agar mengizinkan maskapai penerbangan AS  untuk melanjutkan penerbangan, 

Tiga pejabat A.S dan maskapai penerbangan kepada Reuters, Rabu (3/6) waktu setempat mengatakan, keputusan ini akan diumumkan pada hari Rabu atau Kamis waktu  Indonesia. 
Keputusan ini untuk menghukum Tiongkok setelah Beijing gagal mematuhi perjanjian  tentang penerbangan antara dua ekonomi terbesar dunia. Hubungan antara kedua negara juga memburuk dalam beberapa bulan terakhir di tengah meningkatnya ketegangan yang terpicu  pandemi corona.

Larangan terbang itu diperkirakan mulai berlaku pada 16 Juni. “Hanya kepastian tanggalnya bisa diubah Trump bisa lebih cepat,”  sumber Reuters yang minta namanya tak disebutkan, Rabu (3/6). 

Delta Air Lines (N: DAL) dan United Airlines (O: UAL) telah meminta izin untuk melanjutkan penerbangan ke Cina bulan ini, bahkan ketika maskapai penerbangan China melanjutkan penerbangan A.S. selama pandemi.

Permintaan izin terbang ini, kata sumber Reuters, untuk  Air China, China Eastern Airlines (NYSE: CEA) Corp, China Southern Airlines Co  dan Hainan Airlines Holding Co.

Gedung Putih dan Departemen Transportasi menolak mengomentari masalah ini. Pun, kedutaan Cina di Washington juga tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Pemerintahan Trump pada 22 Mei menuduh pemerintah China telah melarang maskapai penerbangan AS untuk melanjutkan layanan ke Cina dan memerintahkan empat maskapai penerbangan China untuk mengajukan jadwal penerbangan dengan pemerintah AS.

Pemerintah AS juga menghalangi penerbangan charter maskapai penumpang Tiongkok dan akan memperingatkan operator untuk tidak mengharapkan persetujuan terbang. Padahal, sebelumnya, pejabat AS menyarankan penerbangan charter digunakan untuk menghindari batasan pemerintah Cina dalam penerbangan.

Pada 31 Januari, pemerintah AS melarang masuknya sebagian besar warga non-AS yang telah berada di China selama 14 hari  karena krisis corona,  tetapi tidak memberlakukan pembatasan apa pun pada penerbangan China. 

Operator-operator utama penerbangan  AS. secara sukarela memutuskan untuk menghentikan semua penerbangan penumpang ke Cina pada bulan Februari




TERBARU

[X]
×