kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pencipta ChatGPT Sam Altman Dipecat! Mira Murati, Sementara Jadi Pengganti CEO


Sabtu, 18 November 2023 / 17:44 WIB
Pencipta ChatGPT Sam Altman Dipecat! Mira Murati, Sementara Jadi Pengganti CEO
ILUSTRASI. FILE PHOTO: Sam Altman, CEO of Microsoft-backed OpenAI and ChatGPT creator speaks during a talk at Tel Aviv University in Tel Aviv, Israel June 5, 2023. REUTERS/Amir Cohen/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada Jumat lalu, dewan direksi perusahaan di balik ChatGPT resmi memecat CEO OpenAI, Sam Altman. Altman, yang bagi banyak orang adalah wajah atau manusia dibalik munculnya kecerdasan buatan generatif yang mampu mengirimkan gelombang kejut di seluruh industri teknologi global.

Setelah mencopot Sam Altman, selanjutnya Mira Murati, Chief Technology Officer OpenAI, yang akan menjabat sebagai CEO interim. Dalam pernyataan perusahaan tersebut menambahkan bahwa mereka akan melakukan pencarian formal untuk mengankat CEO secara permanen.

"Pergi nya Altman mengikuti proses tinjauan yang cermat oleh dewan, yang menyimpulkan bahwa dia tidak konsisten jujur dalam komunikasinya dengan dewan, menghambat kemampuannya untuk menjalankan tanggung jawabnya," OpenAI mengatakan dalam blog tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Baca Juga: Ribuan Pengunjung di Hari Pertama, Jakarta Coffee Week Hadir Hingga 5 November 2023

Greg Brockman, Presiden dan pendiri OpenAI, yang mengundurkan diri dari dewan sebagai ketua sebagai bagian dari perombakan manajemen, mengundurkan diri dari perusahaan itu, seperti yang diumumkan di platform pesan X pada Jumat malam. "Berdasarkan berita hari ini, saya berhenti," tulisnya.

Kepergian ini mengejutkan banyak karyawan yang mengetahui perubahan manajemen tiba-tiba melalui pesan internal dan blog publik perusahaan. Keputusan ini juga merupakan kejutan bagi Altman dan Brockman sendiri, yang mengetahui keputusan dewan dalam hitungan menit setelah pengumuman, kata Brockman.

"Kami juga masih mencoba mencari tahu persis apa yang terjadi," tulisnya di X, sebelumnya Twitter, menambahkan, "Kami akan baik-baik saja. Hal-hal yang lebih besar akan datang segera."

Dewan yang kini terdiri dari empat orang, terdiri dari tiga direktur independen yang tidak memiliki ekuitas di OpenAI dan Chief Scientist Ilya Sutskever. Organisasi tersebut tidak segera menjawab permintaan komentar terkait klaim Brockman.

Baca Juga: Meta Platform Luncurkan Fitur Edit Video Berbasis AI

Didukung oleh miliaran dolar dari Microsoft, yang tidak memiliki kursi di dewan dalam badan nirlaba yang mengatur startup ini, OpenAI memulai kegilaan kecerdasan buatan generatif pada November tahun lalu dengan merilis ChatGPT. Chatbot tersebut menjadi salah satu aplikasi perangkat lunak yang paling cepat berkembang di dunia.

Dilatih dengan sejumlah data, kecerdasan buatan generatif dapat membuat konten mirip manusia, membantu pengguna menulis makalah, menyelesaikan pekerjaan rumah ilmu pengetahuan, dan bahkan menulis novel. Setelah peluncuran ChatGPT, regulator berusaha mengejar: Uni Eropa merevisi Undang-Undang Kecerdasan Buatan (AI Act) dan Amerika Serikat memulai upaya regulasi AI.

Altman, yang menjalankan Y Combinator, adalah seorang pengusaha dan investor serial. Ia adalah wajah OpenAI dan teknologi kecerdasan buatan generatif yang sangat populer saat ia berkeliling dunia tahun ini.

Altman posting di X segera setelah OpenAI mempublikasikan blog-nya: "Saya sangat mencintai waktu saya di OpenAI. Ini mengubah saya secara pribadi, dan semoga juga sedikit dunia. Terutama sekali, saya menyukai bekerja dengan orang-orang berbakat seperti ini. Akan ada lebih banyak yang akan dikatakan tentang apa yang akan terjadi selanjutnya."

Baca Juga: Apa itu Bing Image Creator? Simak Cara Bikin atau Menemukan Ide Gambar Pakai AI

Altman tidak merespons permintaan komentar.

Murati, yang sebelumnya bekerja untuk Tesla, bergabung dengan OpenAI pada tahun 2018 dan kemudian menjadi Chief Technology Officer. Dia mengawasi peluncuran produk, termasuk ChatGPT.

Dalam pertemuan mendesak pada Jumat sore setelah pengumuman, Murati berusaha menenangkan karyawan dan mengatakan bahwa kemitraan OpenAI dengan Microsoft stabil dan eksekutif pendukungnya, termasuk CEO Satya Nadella, terus mengekspresikan kepercayaan pada startup ini, kata sumber Reuters.

The Information sebelumnya melaporkan rincian pertemuan tersebut.

"Microsoft tetap berkomitmen kepada Mira dan timnya saat kami membawa era kecerdasan buatan ini kepada pelanggan kami," kata juru bicara pembuat perangkat lunak itu kepada Reuters pada Jumat.

Dalam pernyataan yang dipublikasikan di situs web Microsoft, Nadella mengatakan: "Kami memiliki perjanjian jangka panjang dengan OpenAI... Bersama-sama, kami akan terus memberikan manfaat berarti dari teknologi ini kepada dunia."

Baca Juga: ChatGPT Maker OpenAI Ousts CEO Sam Altman

Guncangan Besar

Guncangan ini bukan yang pertama kali terjadi di OpenAI, yang diluncurkan pada tahun 2015. CEO Tesla Elon Musk pernah menjadi co-chair, dan pada tahun 2020 eksekutif lain pergi, mendirikan pesaing Anthropic, yang mengklaim memiliki fokus yang lebih besar pada keselamatan kecerdasan buatan.

Penggemar dan kritikus membanjiri forum digital ketika berita perombakan terbaru ini menyebar.

Di X, mantan CEO Google, Eric Schmidt menyebut Altman "pahlawan saya," menambahkan, "Dia membangun perusahaan dari nol menjadi $90 miliar dalam nilai, dan mengubah dunia kita secara kolektif selamanya. Saya tidak sabar untuk melihat apa yang akan dia lakukan selanjutnya. Saya, dan miliaran orang lain, akan mendapatkan manfaat dari karya masa depannya - itu akan menjadi luar biasa."

"Ini adalah berita mengejutkan dan Altman adalah bahan kunci dalam resep kesuksesan OpenAI," kata Daniel Ives, analis di Wedbush Securities. "Meskipun begitu, kami percaya bahwa Microsoft dan Nadella akan lebih mengendalikan OpenAI ke depan dengan Altman pergi."

Dampak penuh kejutan OpenAI akan terungkap seiring waktu, tetapi prospek penggalangan dana adalah kekhawatiran langsung. Altman dianggap sebagai seorang penggalang dana ulung yang berhasil bernegosiasi miliaran dolar investasi dari Microsoft serta memimpin transaksi tawaran tender perusahaan tahun ini yang mendorong valuasi OpenAI dari $29 miliar menjadi lebih dari $80 miliar.

Baca Juga: Mahir ChatGPT, Catat Tips dan Contoh Menuliskan Prompt yang Jitu

"Dalam jangka pendek, ini akan merugikan kemampuan OpenAI untuk mengumpulkan lebih banyak modal. Dalam jangka menengah, itu akan menjadi tidak masalah," kata Thomas Hayes, chairman di hedge fund Great Hill Capital.

Analis lain mengatakan kepergian Altman, meskipun mengganggu, tidak akan menghancurkan popularitas kecerdasan buatan generatif atau keunggulan kompetitif OpenAI atau Microsoft.

"Inovasi yang diciptakan oleh OpenAI lebih besar dari satu atau dua orang, dan tidak ada alasan untuk berpikir ini akan menyebabkan OpenAI menyerahkan posisi kepemimpinannya," kata analis D.A. Davidson, Gil Luria. "Jika tidak ada yang lain, saham dan minat besar Microsoft dalam kemajuan OpenAI memastikan perubahan kepemimpinan yang sesuai sedang diimplementasikan."

Pada Kamis malam, Altman bahkan tidak menunjukkan tanda-tanda kekhawatiran dalam dua acara publik. Ia bergabung dengan rekan-rekannya dalam sebuah panel di pinggir konferensi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) di San Francisco, menjelaskan komitmennya dan visinya untuk kecerdasan buatan.

Kemudian, ia berbicara di acara terkait Burning Man di Oakland, California, terlibat dalam percakapan selama satu jam tentang seni dan kecerdasan buatan. Altman tampak santai dan tidak memberikan indikasi bahwa ada yang salah, tetapi meninggalkan tempat setelah pembicaraannya selesai pada pukul 19.30.

Pengatur acara mengatakan di acara itu bahwa Altman memiliki pertemuan lain yang harus dihadiri.

Selanjutnya: Penta Valent (PEVE) Memacu Distribusi Produk Farmasi & Barang Konsumsi

Menarik Dibaca: 6 Rekomendasi Drakor Romantis Slow Burn, Tetap Punya Cerita Manis




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×