kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengumuman! Arab Saudi larang kedatangan dari luar negeri untuk menghadiri haji


Selasa, 23 Juni 2020 / 05:56 WIB
Pengumuman! Arab Saudi larang kedatangan dari luar negeri untuk menghadiri haji
ILUSTRASI. Suasana sepi kota Mekah menyusul penyebaran penyakit virus corona. Saudi Press Agency/Handout via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - KAIRO. Arab Saudi mengatakan pada hari Senin bahwa mereka akan melarang kedatangan jemaah dari luar negeri untuk menghadiri haji tahun ini karena alasan virus corona. Dengan demikian, hanya sejumlah kecil warga Arab Saudi yang bisa melakukan ibadah haji dengan menegakkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak sosial.

Melansir Reuters, dengan dirilisnya pengumuman tersebut, berarti tahun ini akan menjadi tahun pertama di zaman modern di mana umat Islam dari seluruh dunia tidak diizinkan untuk melakukan ibadah haji tahunan ke Mekah.

Baca Juga: Mulai Minggu pagi, Arab Saudi cabut jam malam dan membuka kegiatan ekonomi

"Keputusan ini diambil untuk memastikan haji dilakukan dengan cara yang aman dari perspektif kesehatan masyarakat sambil mengamati semua tindakan pencegahan dan protokol jarak sosial yang diperlukan untuk melindungi manusia dari risiko yang terkait dengan pandemi ini dan sesuai dengan ajaran Islam di melestarikan kehidupan manusia," demikian pernyataan kementerian yang mengawasi jemaah dalam sebuah pernyataan seperti yang dikutip Reuters.

Asal tahu saja, saat ini, jumlah kasus virus corona di Arab Saudi telah melebihi 160.000 kasus, dengan 1.307 kematian. Kondisi ini menyusul peningkatan infeksi baru selama dua minggu terakhir.

Baca Juga: Alhamdulillah, masjid di Mekkah dibuka mulai Minggu, ibadah haji belum diputuskan

Sekitar 2,5 juta jemaah biasanya mengunjungi situs-situs Islam paling suci di Mekah dan Madinah selama haji selama seminggu. Data resmi menunjukkan, Arab Saudi menghasilkan sekitar US$ 12 miliar setahun dari penyelenggaraan ibadah haji dan umrah sepanjang tahun.

Kerajaan Arab Saudi menghentikan penerbangan penumpang internasional pada bulan Maret dan meminta kaum Muslim di seluruh dunia untuk menunda rencana ibadah haji sampai pemberitahuan lebih lanjut. Kedatangan internasional untuk ziarah umrah juga telah ditangguhkan sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Baca Juga: Ikuti Indonesia, Malaysia juga batalkan pemberangkatan haji tahun ini

Awal bulan ini, Malaysia dan Indonesia sama-sama melarang warganya untuk melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji, dengan alasan kekhawatiran akan virus corona.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×