kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan Global Hankook Tire Naik 10,7% di Tahun 2021


Rabu, 23 Februari 2022 / 17:48 WIB
Penjualan Global Hankook Tire Naik 10,7% di Tahun 2021
ILUSTRASI. Hankook Tire cetak kinerja positif di 2021


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan ban terkemuka global Hankook Tire & Technology mengumumkan kinerja keuangan tahun 2021 yang menggembirakan. Di mana, penjualan konsolidasi global Hankook mencapai KRW 7,142 triliun setara US$ 6,24 miliar dan laba operasional sebesar KRW 641 miliar atau US$ 560 juta.

Setelah mencatatkan penjualan yang solid di negara-negara yang menjadi pasar utama selama paruh pertama tahun 2021, Hankook Tire mampu melanjutkan pertumbuhan yang stabil dengan kenaikan penjualan sebesar 10,7% dan peningkatan laba operasional sebesar 2,2% secara tahunan (yoy).

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, ketika terjadi perlambatan di paruh kedua  di mana ekonomi global menghadapi tantangan kolektif seperti disrupsi rantai pasok, kekurangan semikonduktor, dan meningkatnya biaya bahan baku, Hankook mampu menunjukkan ketahanan dengan kinerja bisnis yang menjanjikan.

"Faktor-faktor yang berkontribusi antara lain kenaikan penjualan ban pengganti (replacement tire), strategi penetapan harga regional yang efektif, dan penjualan yang kuat di segmen produk ban high-inch. Penjualan ban high-inch (ban berukuran 18 inci atau lebih), meningkat 3,1% dibandingkan tahun sebelumnya, menyumbang 37,7% dari total penjualan ban mobil penumpang," jelas manajemen Hankook seperti dikutip Kontan.co.id, Rabu (23/2).

Walau mencetak kinerja cukup baik di tahun 2021 silam, ternyata kuartal IV-2021 menjadi tantangan untuk Hankook Tire. Karena pendapatan penjualan Hankook turun dengan hasil KRW 1,889 triliun atau US$ 1,59 miliar dan laba operasionalnya ambles 61,3% YoY, dan 51,3% QoQ jadi KRW 87,9 miliar atau US$ 74 juta.

Baca Juga: Simak Strategi Bisnis Hankook Tire Indonesia di Tahun 2022

Namun, penjualan ban high-inch kembali menjadi pendongkrak pertumbuhan. Penjualan ban high-inch naik 1,5%p YoY mencapai 38,9% dari total penjualan ban mobil penumpang pada kuartal keempat. Secara khusus, penjualan ban high-inch di China sebesar 46,4%, meningkat 6,7%p YoY.

Pasar lain juga melihat kinerja yang kuat pada ban high-inch dengan peningkatan 2% di Eropa dan 2,9% di Korea.

Sementara itu, Hankook Tire terus meraih pengakuan yang luar biasa atas kualitas produk serta praktik bisnis berkelanjutan. Tahun lalu, Hankook menerima peringkat teratas dalam beberapa tes ban yang dilakukan oleh majalah mobil terkemuka dari Jerman dan Inggris.

Auto Bild, majalah mobil paling bergengsi di Eropa, menganugerahi Hankook Tire dengan predikat "Tire Maker of the Year" di segmen ban semua musim. Selain itu, Hankook terdaftar di Dow Jones Sustainability Indices World, yang menandakan para pemimpin global di bidang sustainability, untuk tahun keenam berturut-turut.

Baca Juga: Hankook Tire Berupaya Terus Tingkatkan Penjualan Ban di Indonesia

Selain itu, Hankook memperkuat posisinya di sektor Original Equipment (OE) yang premium dan sektor ban kendaraan listrik (EV) pada tahun 2021, dengan memasok ban untuk sejumlah kendaraan sport seperti Porsche Panamera, BMW X3M dan X4M, serta tak luput ban kendaraan listriknya pada BMW e-Tron GT dan Volkswagen ID.4.

Pada tahun 2022, Hankook berencana untuk lebih meningkatkan nilai mereknya. Perusahaan bertujuan untuk mencapai pertumbuhan dua digit tahun ini dan meningkatkan porsi penjualan ban high-inch menjadi 42% dari total penjualan ban mobil penumpang.

Hankook akan memperkuat fokusnya untuk memperkuat bisnisnya di pasar utama, memperluas kemitraan OE dengan produsen mobil premium global, dan menjadi pemimpin di sektor ban kendaraan listrik. Hankook akan menjadi pemasok ban dan mitra teknologi untuk ajang balap bergengsi ABB FIA Formula E mulai di kuartal IV-2022.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×