kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan Hankook Tire Meningkat 12,9% Secara Tahunan di Kuartal Kedua


Selasa, 23 Agustus 2022 / 22:33 WIB
Penjualan Hankook Tire Meningkat 12,9% Secara Tahunan di Kuartal Kedua
ILUSTRASI. Hankook Tire & Technology meraup penjualan secara global mencapai 2,03 triliun won di kuartal kedua lalu.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Perusahaan ban global Hankook Tire & Technology meraup penjualan secara global mencapai 2,03 triliun won di kuartal kedua lalu. Sedangkan laba operasional Hankook mencapai 175,2 miliar won.

Hankook Tire mencatat pertumbuhan penjualan agregat sebesar 12,9% ketimbang tahun lalu dan naik 13,9% secara kuartalan. Peningkatan ini terjadi di tengah tantangan dari faktor eksternal yang meliputi gangguan rantai pasokan global dan kenaikan biaya bahan baku.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, terdapat penurunan laba usaha Hankook Tire sebanyak 6,3%. Tapi jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya terjadi peningkatan sebesar 39%.

"Pencapaian tersebut didukung oleh adanya perluasan porsi produk high-value-added (HVA) atau produk bernilai tinggi dan strategi penetapan harga yang efektif," ungkap Manajemen Hankook Tire & Technology dalam siaran pers, Selasa (23/8).

Baca Juga: Hankook Tire Melihat China Menjadi Kontributor Terbesar Pendapatan

Penjualan untuk mobil penumpang high-Inch yaitu 18 inch lebih tetap menjadi penggerak pertumbuhan paling utama bagi Hankook Tire. Segmen ban tersebut mencakup 39,1% dari total penjualan ban mobil Hankook, meningkat 1,1% dari kuartal fiskal terakhir.

China adalah pasar kontributor terbesar dengan penjualan ban mobil penumpang high-inch yang berkembang dari 11,5% per tahun menjadi 51,8%. Kemudian, diikuti oleh pasar Korea yang terdapat peningkatan tahunan sebesar 3,4% ke rekor tertinggi yaitu 50,5%.

Adapun pasar Eropa melaporkan terdapat peningkatan sebesar 0,5% secara tahunan. Terdapat pertumbuhan dalam pendapatan konsolidasi dikarenakan pertumbuhan penjualan yang kuat di pasar Amerika Utara baik untuk ban asli maupun ban pengganti.

Baca Juga: Dukung Penurunan Emisi Karbon, Hankook Tire Kembangkan Inovasi Ban Mobil Listrik

Di sisi lain, volume penjualan dan laba operasi Hankook Tire pada kuartal kedua turun dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, sebagai dampak pasar dari konflik Rusia-Ukraina, lockdown di China, dan tingkat inflasi yang tinggi secara historis.

Hankook Tire menargetkan pertumbuhan dua digit tahun ini dan juga meningkatkan porsi penjualan ban high-inch menjadi 42% dari total penjualan ban mobil penumpang. Hankook Tire juga akan fokus untuk dapat memimpin di segmen ban kendaraan listrik.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×