kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pensiun dari Alibaba Group mulai hari ini, Jack Ma menggelar pesta besar


Selasa, 10 September 2019 / 06:43 WIB
Pensiun dari Alibaba Group mulai hari ini, Jack Ma menggelar pesta besar
ILUSTRASI.


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Jack Ma, pemilik Alibaba Group akan pensiun mulai hari ini, Selasa (10/9) dari raksasa yang telah dibangunnya. Jack Ma sebelumnya telah memilih langsung penerus yang akan memimpin manajemen Alibaba.

Jack Ma yang hari ini tepat berusia 55 tahun menggelar pesta perpisahan di stadion olimpiade berkapasitas 80.000, Hangzhou Olimpic Sports Center dengan iringan musik dan pertunjukan. Para peserta berharap akan mendapatkan sinyal perjalanan Alibaba selanjutnya di bawah kepemimpinan Daniel Zhang.

Zhang yang berbicara dengan lemah lembut berbeda dengan Ma yang memiliki gaya flamboyan dan kepemimpinan karismatik. Ma pun menjadi pengusaha China paling terkenal sejak mantan guru bahasa Inggris ini membangun Alibaba 20 tahun lalu di sebuah apartemen kecil di Hangzhou, China timur.

Baca Juga: Alibaba akan gelontorkan US$ 2 miliar untuk beli platform e-commerce Kaola, NetEase

"Zhang memiliki logika dan keterampilan berpikir kritis komputer super, komitmen pada visinya, keberanian untuk sepenuh hati mengambil model bisnis dan industri di masa depan," kata Ma ketika mengumumkan penunjukan pada 2018 lalu.

Salah satu tantangan terbesar Zhang adalah menemukan area pertumbuhan baru di tengah sektor e-commerce China yang mulai matang. "Jika Alibaba berniat menemukan inovasi baru atau tren, akan lebih sulit daripada sebelumnya," kata Liu Yiming, analis 36kr, perusahaan penerbitan teknologi China seperti dikutip Reuters.

Pada semester pertama 2019, penjualan ritel online China naik 17,8%, hampir separuh dari pertumbuhan tahun sebelumnya yang mencapai 32,4%.

Baca Juga: Jack Ma punya buku yang kerap ia bawa setiap hari, apa itu?

Pekan lalu, Alibaba mengumumkan investasi US$ 2,7 miliar di platform ritel mewah Kaola dan perusahaan streaming musik.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×