kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45774,37   -28,65   -3.57%
  • EMAS1.028.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Penting bagi pengusaha, ini kriteria karyawan yang akan direkrut Warren Buffett


Senin, 13 Juli 2020 / 11:17 WIB
Penting bagi pengusaha, ini kriteria karyawan yang akan direkrut Warren Buffett
ILUSTRASI. Penting bagi pengusaha, ini kriteria karyawan yang akan direkrut Warren Buffett. May 6, 2018. REUTERS/Rick Wilking/File Photo

Reporter: Tiyas Widya Septiana | Editor: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Warren Buffett sudah tersohor sebagai investor ulung dan pebisnis yang ulung. Karirnya dalam ranah bisnis selama puluhan tahun membuat banyak orang ingin belajar mengenai rahasia-rahasia kesuksesan Buffett. Pengalamannya memimpin Berkshire Hathaway, membuat banyak pebisnis yang ingin mengikuti jalan kesuksesan Warren Buffett. 

Teruntuk Anda para pengusaha, ada hal yang harus diperhatikan saat Anda mencari karyawan. Dilansir dari Inc., setidaknya ada tiga hal yang perlu ada dalam diri kandidat karyawan Anda. Tetapi Warren Buffett menegaskan jika ada satu poin yang tidak boleh terlewatkan, dan harus dimiliki si calon karyawan. 

Baca Juga: Warren Buffett & para investor bunyikan alarm akan kehancuran pasar yang lebih besar

Buffet mengatakan jika Anda mencari karyawan, lihatlah tiga aspek penting di diri mereka: intelijen atau kepintaran dan kecakapan, energi atau tenaga dan daya tahan tubuh, dan integritas. Dan jika kandidat Anda tidak memiliki poin terakhir, maka dua poin pertama tidak ada gunanya. Berikut alasan mengapa Warren Buffett menekankan pentingnya integritas pada karyawan.

Karyawan yang berintegritas tidak akan berbohong kepada Anda

Warren Buffett akan mencari karyawan berintegritas karena mereka jujur. Dilansir dari Inc., lembaga survei Checkster dalam survei terbarunya memperlihatkan jika 78% dari pelamar kerja mengakui mereka berbohong. Mereka juga mengakui jika apa yang mereka sampaikan mengenai kemampuan mereka, tidak sepenuhnya jujur saat mengikuti  interview.

Baca Juga: Elon Musk jadi orang nomor 7 terkaya dunia melewati Warren Buffett

Dengan perbandingan 8:10 orang yang berbohong saat wawancara kerja, mustahil untuk merekrut orang berintegritas tinggi untuk memenuhi kuota karyawan Anda. Hal ini jugalah yang membuat Warren Buffett menaruh perhatian cukup tinggi saat akan merekrut karyawan. 

Jika Anda ingin mendapatkan karyawan yang betah dan tahan lama bekerja dengan Anda, carilah orang dengan integritas tinggi. Mungkin akan memakan waktu cukup lama, tapi hal ini bisa Anda anggap investasi jangka panjang yang akan menyelamatkan perusahaan Anda.

Baca Juga: Indeks saham naik, posisi Elon Musk naik di daftar orang terkaya di dunia

Dengan integritas tinggi pada perusahaan, mereka tidak akan mencuri, terlebih korupsi

Banyak kasus dimana perusahaan merugi karena ada karyawan yang mencuri barang kantor, atau bahkan mengkorupsi uang perusahaan. Hal ini yang paling dihindari Warren Buffett saat mencari karyawan. Buffett berpendapat jika karyawan yang cerdas tetapi tidak berintegritas, adalah karyawan yang berpotensi besar merugikan perusahaan.



TERBARU

[X]
×