kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbatasan dengan India memanas, China gelar latihan perang di dataran tinggi Tibet


Rabu, 03 Juni 2020 / 13:20 WIB
Perbatasan dengan India memanas, China gelar latihan perang di dataran tinggi Tibet
ILUSTRASI. Militer China. Perbatasan dengan India memanas, China gelar latihan perang di dataran tinggi Tibet. REUTERS/Carlos Garcia Rawlins


Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Ketegangan di perbatasan India dan China makin memanas. Terbaru, tentara China dilaporkan menggelar latihan perang di dataran tinggi.

Dilaporkan media pemerintah China CCTV, Pasukan China di Tibet mengadakan latihan infiltrasi untuk menguji kesiapan tempur mereka di malam hari di daerah dataran tinggi di tengah ketegangan perbatasan dengan India.

Baca Juga: Larang peringatan Lapangan Tiananmen, AS: China berangus suara Hong Kong

Unit pasukan pengintai tentara China atau PLA dalam beberapa hari terakhir telah memobilisasi target di Pegunungan Tanggula pada ketinggian 4.700 meter di atas permukaan laut dengan menggunakan perangkat night vision pada kendaraan mereka untuk menghindari pengawasan drone dari kubu musuh.

Ma Qian, seorang komandan batalyon pengintai mengatakan lebih dari 2.000 amunisi, termasuk granat senapan dan roket, ditembakkan selama latihan. Dia mengatakan latihan ini menguji kemampuan pasukan untuk beroperasi dalam situasi yang ekstrem dan rumit dan menggunakan peralatan baru.

Ketegangan telah meningkat di sepanjang perbatasan China dan India sejak 5 Mei lalu ketika pasukan dari kedua negara terlibat dalam perselisihan di lembah Sungai Galwan antara Ladakh di Kashmir yang dikelola India dan Aksai Chin yang dikelola China.

Tentara dari kedua belah pihak terluka dalam bentrokan yang melibatkan perkelahian tangan kosong dan lemparan batu di jalur gunung penting dekat Tibet ini. 

Baca Juga: Konflik India vs China merembet, kini muncul aksi boikot aplikasi China di India

Global Times, tabloid yang berafiliasi dengan pemerintah China melaporkan bahwa China akan mengambil tindakan balasan dan bahwa Angkatan Darat India telah menghalangi patroli normal pasukan China dan mencoba mengubah status quo di daerah perbatasan.

Pengamat juga mengatakan bahwa Beijing sangat waspada terhadap aktivitas India di Aksai Chin karena kedekatannya dengan Xinjiang dan Tibet.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×