kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,73   8,13   0.82%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perdagangan Korea Utara-China dengan Kereta Api Dibuka Lagi Mulai Hari Ini


Senin, 17 Januari 2022 / 05:59 WIB
Perdagangan Korea Utara-China dengan Kereta Api Dibuka Lagi Mulai Hari Ini
ILUSTRASI. Para pedagang China mengatakan, perdagangan reguler dengan Korea Utara akan dimulai pada hari ini, Senin (17/1/2022). KCNA via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING/SEOUL. Para pedagang China mengatakan, mereka mengharapkan dimulainya kembali perdagangan reguler dengan Korea Utara pada hari ini Senin (17/1/2022). 

Hal itu terjadi setelah kereta Korea Utara berhenti di kota perbatasan China pada Minggu, dalam penyeberangan pertama sejak penguncian perbatasan anti-coronavirus dimulai pada tahun 2020.

"Mitra bisnis saya di Korea Utara mengatakan kepada saya pada hari Jumat bahwa perbatasan darat akan dibuka kembali untuk pengiriman kargo pada 17 Januari," kata seorang pedagang komoditas China di kota perbatasan Dandong kepada Reuters.

Dia menambahkan, "Pada hari Sabtu, seluruh komunitas ekspor-impor di sini telah mendengar tentang hal ini dan orang-orang mulai mengambil gerbong untuk memindahkan kargo mereka." 

Baca Juga: PDB China pada Kuartal IV 2021 Diperkirakan Melambat, Ini Deretan Penyebabnya

Korea Utara belum secara resmi melaporkan kasus COVID-19 sejak pandemi dimulai pada awal 2020, dan telah memberlakukan tindakan anti-virus yang ketat, termasuk penutupan perbatasan dan pembatasan perjalanan domestik.

Pedagang China lainnya mengatakan dia dapat mengatur kargo untuk dimuat ke kereta di Dandong yang dijadwalkan untuk menyeberang ke Korea Utara pada hari Senin.

Pada hari Minggu, dia kembali memposting tiga foto gerbong barang yang diambil di dalam stasiun kereta api di media sosial, dan mengatakan bahwa gelombang pertama kargo untuk dimulainya kembali jalur kereta api antara Dandong dan Korea Utara sedang dimuat.

Kedua pedagang menolak disebutkan namanya, dengan alasan sensitivitas masalah ini.

Baca Juga: Badan Pangan PBB Mengakui Belum Mengirim Bantuan ke Korea Utara Sejak Maret 2021

China belum secara resmi mengumumkan pembukaan kembali perbatasan. Laporan sebelumnya tentang pembukaan kembali perbatasan yang akan segera terjadi dengan mengutip para pedagang dan logistik belum terwujud.




TERBARU

[X]
×