kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peringatan Menhan Taiwan: Militer China Bisa Masuk Secara Tiba-Tiba pada Tahun Ini


Selasa, 07 Maret 2023 / 05:41 WIB
Peringatan Menhan Taiwan: Militer China Bisa Masuk Secara Tiba-Tiba pada Tahun Ini
ILUSTRASI. Menhan Taiwan memperingatkan bahwa pulau itu harus waspada atas masuknya militer China secara tiba-tiba tahun ini. REUTERS/Dado Ruvic


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng memperingatkan pada hari Senin (6/2/2023) bahwa pulau itu harus waspada atas masuknya militer China secara tiba-tiba pada tahun ini ke daerah-daerah yang dekat dengan wilayahnya. Peringatan tersebut dikeluarkan di tengah meningkatnya ketegangan militer di Selat Taiwan.

Reuters memberitakan, China telah meningkatkan aktivitas militernya di sekitar Taiwan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk pengiriman staf angkatan udara, hampir setiap hari ke zona identifikasi pertahanan udara pulau itu.

Namun, Taiwan belum melaporkan adanya insiden pasukan China memasuki zona tambahannya, yaitu 24 mil laut (44,4 km) dari pantainya. Akan tetapi, militer Taiwan telah menembak jatuh pesawat tak berawak sipil yang memasuki wilayah udaranya di dekat sebuah pulau di lepas pantai China tahun lalu.

Menjawab pertanyaan dari anggota parlemen di parlemen, Chiu mengatakan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) mungkin mencari alasan untuk memasuki wilayah yang dekat dengan wilayah udara dan laut teritorial Taiwan saat Taiwan meningkatkan latihan militernya dengan Amerika Serikat, yang memicu kemarahan Beijing.

Dia mengatakan PLA mungkin akan "masuk tiba-tiba" ke zona yang bersebelahan dengan Taiwan dan mendekati ruang teritorialnya, yang didefinisikan pulau itu sebagai 12 mil laut dari pantainya.

Baca Juga: Amerika Serikat Akan Luncurkan Undang-undang Pelarangan TikTok

"(Saya) secara khusus membuat pernyataan ini tahun ini, artinya mereka membuat persiapan seperti itu," kata Chiu. "Ke depan, mereka akan menggunakan kekerasan jika mereka benar-benar harus melakukannya."

Sebagai tanggapan, juru bicara kementerian luar negeri China Mao Ning mengatakan pada pengarahan harian bahwa Beijing akan mengambil tindakan tegas untuk mempertahankan kedaulatan dan integritas teritorialnya.

Taiwan telah berjanji untuk menggunakan haknya untuk membela diri dan melakukan serangan balik jika angkatan bersenjata China memasuki wilayahnya.

China tahun lalu menggelar latihan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya di sekitar Taiwan sebagai reaksi atas kunjungan ke pulau itu oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi.

Chiu mengatakan China ingin membuat masalah dengan dalih tertentu. Dia menambahkan, hal itu mungkin termasuk kunjungan ke pulau yang dilakukan oleh pejabat senior pemerintah asing atau kontak militer Taiwan yang sering dengan negara lain.

Baca Juga: Meski Tawarkan Penyatuan Damai, China Tegaskan Menentang Kemerdekaan Taiwan

Ditanya oleh seorang anggota parlemen apakah Amerika Serikat berencana untuk menyimpan beberapa peralatan militernya di Taiwan, Chiu mengatakan diskusi semacam itu sedang berlangsung tetapi menolak menjelaskan lebih lanjut.

Amerika Serikat adalah pemasok senjata internasional terpenting Taiwan. Meningkatnya dukungan AS untuk pulau demokrasi itu telah menambah ketegangan dalam hubungan AS-China yang sudah memanas.

Chiu mengatakan, PLA mengirim sekitar 10 pesawat atau kapal ke daerah dekat Taiwan setiap hari. Beberapa melintasi garis median Selat Taiwan, yang secara tradisional berfungsi sebagai penyangga tidak resmi, hampir setiap hari.

Chiu mengatakan sejak China meninggalkan perjanjian diam-diam tentang pergerakan militer di Selat, Taiwan telah membuat persiapan untuk "menembakkan tembakan pertama" jika entitas China, termasuk drone atau balon, memasuki ruang teritorialnya.

China mengklaim Taiwan sebagai miliknya dan akan menggunakan kekuatan untuk membawanya di bawah kendali China, jika diperlukan. Taiwan dengan tegas menolak klaim kedaulatan China dan mengatakan hanya rakyatnya yang dapat memutuskan masa depan mereka.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×