kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,15   6,55   0.66%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peringatan tsunami dikeluarkan saat gempa bumi kuat ketiga goyang Selandia Baru


Jumat, 05 Maret 2021 / 04:33 WIB
Peringatan tsunami dikeluarkan saat gempa bumi kuat ketiga goyang Selandia Baru
ILUSTRASI. Perintah evakuasi dikeluarkan untuk warga Selandia Baru yang tinggal di beberapa daerah di pantai timur di Pulau Utara, setelah gempa ketiga melanda daerah itu pada hari Jumat (5/3/2021).


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WELLINGTON. Perintah evakuasi dikeluarkan untuk warga Selandia Baru yang tinggal di beberapa daerah di pantai timur di Pulau Utara, setelah gempa ketiga melanda daerah itu pada hari Jumat (5/3/2021).

Yang terbaru adalah gempa berkekuatan 8,0 yang melanda Kepulauan Kermadec, timur laut Pulau Utara Selandia Baru. Ini terjadi tak lama setelah gempa berkekuatan 7,4 di wilayah yang sama.

Melansir Reuters, sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 7,2 besar lainnya melanda sekitar 900 kilometer di sebelah timur Pulau Utara dan dirasakan oleh puluhan ribu orang. Guncangan tersebut menyebabkan peringatan tsunami. Namun, peringatan ini kemudian dicabut.

Badan Manajemen Darurat Nasional (NEMA) Selandia Baru mengeluarkan peringatan tsunami yang mengatakan daerah-daerah yang terancam mulai dari Bay of Islands hingga Whangarei, dari Matata hingga Teluk Tolaga termasuk Whakatane dan Opotiki, dan Great Barrier Island.

Baca Juga: Gempa 7,2 SR mengguncang Selandia Baru, peringatan tsunami dikeluarkan

“Orang-orang di dekat pantai di daerah berikut harus segera pindah ke tempat tinggi terdekat, keluar dari semua zona evakuasi tsunami, atau sejauh mungkin ke pedalaman. JANGAN TINGGAL DI RUMAH,” demikian pernyataan NEMA di Twitter.

“Gempa mungkin tidak terasa di beberapa daerah ini, tetapi evakuasi harus segera karena tsunami yang merusak mungkin terjadi,” tambahnya.

Tidak ada ancaman tsunami ke daerah lain di Selandia Baru.

Baca Juga: Hati-hati! BMKG: Jakarta terancam hujan dan angin lebat, Jateng siaga banjir bandang

Sebelumnya gempa berkekuatan 7,2 skala Richter yang melanda bagian timur Pulau Utara Selandia Baru dirasakan oleh lebih dari 60.000 orang di seluruh negeri dengan banyak yang menggambarkan guncangan itu sebagai guncangan yang "parah". Gempa susulan masih tercatat di daerah tersebut.

Tidak ada laporan kerusakan segera dari kedua gempa tersebut.

“Semoga semua baik-baik saja di luar sana - terutama di Pantai Timur yang akan merasakan kekuatan penuh gempa itu,” kata Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern lewat akun Instagram miliknya.

Selanjutnya: Waspada cuaca ekstrem 15-21 Februari 2021, begini peringatan BMKG




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×