kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,84   -28,89   -3.12%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perjalanan sukses Warren Buffett, Sang Dukun dari Omaha


Senin, 20 Juli 2020 / 09:49 WIB
Perjalanan sukses Warren Buffett, Sang Dukun dari Omaha
ILUSTRASI. Perjalanan sukses Warren Buffett, Sang Dukun dari Omaha: FOTO Warren Buffett, CEO Berkshire Hathaway Inc. REUTERS/Rick Wilking/File Photo


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Warren Buffett dikenal sebagai investor ulung, dengan berbagai track record bisnis dan investasi yang diakui oleh banyak kalangan. Kesuksesan yang diraih Warren Buffett tentunya bukan hal yang muncul dalam waktu semalam. Ada banyak hal yang Buffett lalui dan butuh waktu bertahun-tahun untuk sukses. 

Warren Buffett lahir di Omaha, Nebraska pada 30 Agustus 1930. Dilansir dari Biography, Warren Edward Buffett merupakan anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Howard Buffett dan Leila Stahl Buffett. Buffett merupakan seorang anak laki-laki yang jenius di bidang matematika, bahkan sudah menunjukkan minat dan bakat di bidang bisnis pada usia yang masih belia. 

Karena sering mengunjungi kantor saham Ayahnya dan melihat berbagai harga saham, membuat Buffett terinspirasi untuk berinvestasi. Saat umur 11 tahun, Buffett membeli saham pertamanya. Warren Buffett membeli tiga slot saham milik perusahaan gas lokal, Cities Service, dengan harga US$ 38 per slot nya. Seperti yang dilansir di Medium, investasi pertama Warren Buffett tidak berjalan mulus.

Baca Juga: 5 Rahasia sukses Warren Buffett di bisnis dan kehidupan 5 Rahasia sukses Warren Buffett di bisnis dan kehidupan

Tidak lama setelah Buffett membeli saham di Cities Service, harga saham perusahaan tersebut turun hingga US$27. Warren Buffett tetap menahan saham miliknya hingga menguat sekitar US$40 dan menjualnya. Hal ini kemudian disesali Buffett karena harga saham perusahaan gas tersebut naik hingga US$200 lebih setelah Buffett menjual slot saham miliknya. Dari investasi inilah Buffett mendapatkan pelajaran berharga dalam berinvestasi: Jangan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan dan sabar dalam berinvestasi. 

Warren Buffett pada masa kanak-kanak hingga remaja melakukan berbagai pekerjaan sampingan untuk menghasilkan uang, mulai dari menjual permen karet, coca-cola, hingga loper koran. Seluruh penghasilan Buffett selama part-time dikumpulkan dan membeli 40 hektar peternakan di Nebraska seharga US$1200 dengan uang hasil kerja sampingannya tersebut. Properti pertama Warren Buffett ini dibeli saat ia berumur 15 tahun. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×