kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perjanjian militer baru Finlandia-Norwegia-Swedia disahkan, untuk saingi Rusia?


Jumat, 25 September 2020 / 08:24 WIB
Perjanjian militer baru Finlandia-Norwegia-Swedia disahkan, untuk saingi Rusia?
ILUSTRASI. Pasukan militer Swedia, Finlandia, dan Norwegia nantinya akan lebih sering melakukan latihan militer bersama.


Sumber: Sputnik News | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - FINNMARK. Menteri Pertahanan Finlandia, Norwegia, dan Swedia pada hari Kamis (24/9), bertemu di Finnmark County, Norwegia, untuk menandatangani perjanjian kerja sama militer baru.

Menteri Pertahanan Finlandia Antti Kaikkonen, Menteri Pertahanan Norwegia Frank Bakke-Jensen dan Menteri Pertahanan Swedia Peter Hulqvist sepakat untuk meningkatkan kerja sama pertahanan di High North, paling tidak melalui latihan militer bersama.

Para menteri juga menegaskan adanya rencana pembentukan komite bersama untuk membahas situasi keamanan dan masalah kebijakan di wilayah utara Eropa.

"Kami meyakini bahwa krisis dunia berikutnya tidak akan hanya mempengaruhi satu negara, tapi semua negara Nordik. Untuk itu, penting bagi kami untuk bekerja sama di banyak bidang," ungkap Bakke-Jensen kepada kantor berita nasional NRK, seperti dikutip Sputnik News.

Baca Juga: Tiga serangkai jet tempur B-1, B-2, dan B-52 milik AS terbang melintasi Eropa

Mereka meyakini bahwa perjanjian pertahanan baru ini merupakan tonggak penting dalam kerja sama pertahanan negara-negara Nordik.

Ketiga negara tersebut juga sudah memiliki hubungan kerja sama pertahanan dalam program NORDEFCO, yang di dalamnya juga bergabung Denmark dan Islandia.

Bakke-Jensen menjelaskan bahwa membangun hubungan kerja sama dengan negara tetangga merupakan bagian penting dari tindak pencegahan dan strategi pertahanan bersama.

"Terutama di saat persaingan kekuatan besar yang sedang berlangsug, ketika sulit untuk menjadi negara kecil," ungkapnya.

Baca Juga: Sukhoi Rusia sibuk adang pesawat tempur AS di Laut Hitam dan Laut Baltik




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×