kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perkenalkan, ini komputer tablet buatan Google


Kamis, 28 Juni 2012 / 10:14 WIB
Perkenalkan, ini komputer tablet buatan Google
ILUSTRASI. Juventus siap lakukan pertukaran pemain, kini incar bek Arsenal


Reporter: Edy Can, Bloomberg | Editor: Edy Can

SAN FRANCISCO. Pemain komputer tablet semakin ramai. Setelah Apple Inc., Samsung Electronics dan Microsoft, kini giliran Google Inc. ikut serta memasarkan komputer tablet.

Google telah memperkenalkan komputer tablet buatannya yang diberi nama Nexus 7. Komputer tablet berukuran layar 7 inchi ini dibanderol seharga US$ 199 per unit.

Nexus 7 menggunakan sistem operasi Android versi terakhir, Jelly Bean. Google mengklaim sistem Android Jelly Bean lebih cepat dan sistem pencarian berbasis suara sudah lebih baik.

Rencananya, Google akan mulai menjual komputer tablet ini pada Juli 2012 mendatang. Namun, warga Amerika Serikat, Australia, Inggris dan Kanada sudah bisa memesan Nexus 7 mulai tanggal 28 Juni ini.

Direktur Manajemen Produk Google Hugo Barra mengatakan, Nexus sangat tipis, ringan dan portabel. Dengan Neexus 7, dia bilang penggunanya bisa membeli film, acara televisi dan majalah.

Nexus 7 diproduksi oleh Google bersama mitranya Asustek Computer Inc., produsen komputer di Taiwan. Komputer tablet ini mempunyai kamera dan menggunakan prosesor Tegra 3 buatan Nvidia Corp.

Kehadiran komputer tablet buatan Google ini akan membuat persaingan semakin sengit. Selama ini pasar komputer tablet dikuasai oleh Apple Inc lewat iPad dan Samsung Electronics dengan Galaxy Tab.

Analis Gartner Inc. Michael Gartenberg memperkirakan, pangsa pasar iPad akan tergerus pada tahun mendatang. Cuma, dia mengatakan, iPad masih menjadi pemimpin pasar komputer tablet hingga 2016 mendatang.

Gartner memperkirakan, pangsa pasar iPad akan mencapai 46% pada 2016 mendatang. Angka ini menurun dari proyeksi tahun ini yang sebesar 61%.

Sementara, Microsoft yang baru saja meluncurkan Surface mulai unjuk gigi pada 2016 mendatang. Gartner memperkirakan, pangsa pasar Microsoft akan naik dari 0% menjadi 12% pada akhir 2016 nanti.

Sementara pangsa komputer tablet berbasis Android akan naik dari 32% menjadi 37% pada akhir 2016.




TERBARU

[X]
×