kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Permainan Perang Dunia akan Berubah Jika Vladimir Putin Menggunakan Senjata Kimia


Selasa, 15 Maret 2022 / 07:43 WIB
Permainan Perang Dunia akan Berubah Jika Vladimir Putin Menggunakan Senjata Kimia
ILUSTRASI. Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengatakan pada hari Minggu (13/3/2022) bahwa Rusia mungkin menggunakan senjata kimia. Sputnik/Alexey Nikolsky/Kremlin via REUTERS


Sumber: CNBC,Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BERLIN. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan pada hari Minggu (13/3/2022) bahwa Rusia mungkin menggunakan senjata kimia setelah invasinya ke Ukraina. Menurutnya, langkah seperti itu akan menjadi kejahatan perang. Hal tersebut dia ungkapkan dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Jerman Welt am Sonntag.

"Dalam beberapa hari terakhir, kami telah mendengar klaim yang tidak masuk akal tentang laboratorium senjata kimia dan biologi," kata Stoltenberg seperti dikutip Welt am Sonntag oleh Reuters. 

Dia menambahkan bahwa Kremlin menciptakan dalih palsu untuk membenarkan apa yang tidak dapat dibenarkan.

"Sekarang setelah klaim palsu ini dibuat, kita harus tetap waspada karena ada kemungkinan bahwa Rusia sendiri dapat merencanakan operasi senjata kimia di bawah kebohongan yang dibuat-buat ini. Itu akan menjadi kejahatan perang," kata Stoltenberg.

Baca Juga: Ingin Akhiri Perang di Ukraina, Elon Musk Tantang Duel Vladimir Putin

Dia juga bilang, meskipun masyarakat Ukraina melawan invasi Rusia dengan berani, hari-hari mendatang kemungkinan akan membawa kesulitan yang lebih besar.

Mengutip CNBC, ada kekhawatiran yang meningkat bahwa Rusia dapat bersiap untuk menggunakan senjata kimia untuk menyerang Ukraina. 

Para pejabat dan ahli strategi Barat memperingatkan bahwa ancaman yang ditimbulkan oleh Moskow dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam hal ini dapat dipercaya dan serius.

Pada minggu lalu, Rusia sendiri telah menuduh Ukraina mengoperasikan laboratorium senjata kimia dan biologi yang didukung oleh AS. Klaim tersebut ditolak mentah-mentah oleh pejabat Ukraina dan Barat, dengan AS menggambarkannya sebagai “kebohongan besar”. 

Baca Juga: Menakar Dampak Perang dan Naiknya Inflasi terhadap Outlook Pasar Reksadana

“Rusia memiliki rekam jejak menuduh Barat melakukan kejahatan yang dilakukan oleh Rusia sendiri. Taktik ini adalah taktik yang jelas dilakukan oleh Rusia untuk mencoba membenarkan serangan terencana, tidak beralasan, dan tidak dapat dibenarkan lebih lanjut terhadap Ukraina,” kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri Ned Price dalam sebuah pernyataan pekan lalu.

“Amerika Serikat tidak memiliki atau mengoperasikan laboratorium kimia atau biologi di Ukraina… Rusia lah yang memiliki program senjata kimia dan biologi aktif dan melanggar Konvensi Senjata Kimia dan Konvensi Senjata Biologis,” tambahnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×