kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.235.000   -2.000   -0,09%
  • USD/IDR 16.640   -5,00   -0,03%
  • IDX 8.081   37,52   0,47%
  • KOMPAS100 1.116   2,74   0,25%
  • LQ45 787   2,05   0,26%
  • ISSI 284   1,42   0,50%
  • IDX30 413   1,67   0,41%
  • IDXHIDIV20 469   1,41   0,30%
  • IDX80 123   0,56   0,46%
  • IDXV30 133   0,12   0,09%
  • IDXQ30 130   0,83   0,64%

Persaingan Bisnis Semakin Ketat, Twilio Memberikan Fitur Baru Ini ke Pelanggan


Rabu, 03 September 2025 / 21:20 WIB
Persaingan Bisnis Semakin Ketat, Twilio Memberikan Fitur Baru Ini ke Pelanggan
ILUSTRASI. Twilio (NYSE: TWLO), platform interaksi dengan pelanggan yang menghasilkan pengalaman real-time dan terpersonalisasi untuk brand-brand terkemuka, berbagi pandangan terkait sejumlah tren yang diperkirakan akan memengaruhi strategi brand-brand Indonesia dalam mengelola data dan interaksi dengan pelanggan di tahun 2024.


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pesan singkat merupakan salah satu cara menyampaikan informasi dengan cepat dan efisien kepada banyak orang. Nah, Twilio, platform interaksi pelanggan,  menghadirkan layanan rich communication services (RCS).

RCS adalah protokol komunikasi yang menggantikan SMS/MMS tradisional untuk layanan perpesanan yang lebih kaya dan interaktif. Memungkinkan berbagi foto dan video berkualitas tinggi, menampilkan indikator sedang mengetik dan menunjukkan tanda "sudah dibaca".

RCS bekerja melalui internet dan membutuhkan dukungan dari semua pihak dalam percakapan, baik pengguna maupun operator. 

Dengan memanfaatkan layanan RCS,  perusahaan dapat mengirim pesan bermerek (branded message) terverifikasi yang kaya akan fitur interaktif. RCS tersedia bagi seluruh pelanggan aktif Twilio yang jumlahnya melebihi 349.000.

Baca Juga: Rahasia Sukses CEO Twilio Khozema Shipchandler, Kerja Keras Tak kenal Lelah

Inbal Shani, Chief Product Officer and Head of R&D Twilio menjelaskan, penting bagi bisnis untuk membangun interaksi dengan pelanggan. "Layanan ini menandai pergeseran dalam cara bisnis berkomunikasi dengan pelanggan," kata Inbal, dalam rilis ke Kontan.co.id, Selasa (2/9). 

Peningkatan secara otomatis pesan SMS menjadi pesan RCS pada perangkat yang mendukung tanpa biaya tambahan untuk pesan dasar hingga 160 karakter. Dilengkapi dengan logo merek, tagline, dan lencana pengirim terverifikasi dari Google.

RCS  menyematkan elemen-elemen branding terverifikasi perusahaan seperti logo dan lencana (badge) verifikasi. Sehingga memastikan bahwa pelanggan selalu mengetahui dengan siapa mereka berkomunikasi.

Selanjutnya: Risiko Mengintai, BI Diminta Hati-Hati Borong SBN Pemerintah dan Burden Sharing

Menarik Dibaca: 4 Cara Menghilangkan Blackhead dengan Bahan Alami, Mau Coba?




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×