Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pesan singkat merupakan salah satu cara menyampaikan informasi dengan cepat dan efisien kepada banyak orang. Nah, Twilio, platform interaksi pelanggan, menghadirkan layanan rich communication services (RCS).
RCS adalah protokol komunikasi yang menggantikan SMS/MMS tradisional untuk layanan perpesanan yang lebih kaya dan interaktif. Memungkinkan berbagi foto dan video berkualitas tinggi, menampilkan indikator sedang mengetik dan menunjukkan tanda "sudah dibaca".
RCS bekerja melalui internet dan membutuhkan dukungan dari semua pihak dalam percakapan, baik pengguna maupun operator.
Dengan memanfaatkan layanan RCS, perusahaan dapat mengirim pesan bermerek (branded message) terverifikasi yang kaya akan fitur interaktif. RCS tersedia bagi seluruh pelanggan aktif Twilio yang jumlahnya melebihi 349.000.
Baca Juga: Rahasia Sukses CEO Twilio Khozema Shipchandler, Kerja Keras Tak kenal Lelah
Inbal Shani, Chief Product Officer and Head of R&D Twilio menjelaskan, penting bagi bisnis untuk membangun interaksi dengan pelanggan. "Layanan ini menandai pergeseran dalam cara bisnis berkomunikasi dengan pelanggan," kata Inbal, dalam rilis ke Kontan.co.id, Selasa (2/9).
Peningkatan secara otomatis pesan SMS menjadi pesan RCS pada perangkat yang mendukung tanpa biaya tambahan untuk pesan dasar hingga 160 karakter. Dilengkapi dengan logo merek, tagline, dan lencana pengirim terverifikasi dari Google.
RCS menyematkan elemen-elemen branding terverifikasi perusahaan seperti logo dan lencana (badge) verifikasi. Sehingga memastikan bahwa pelanggan selalu mengetahui dengan siapa mereka berkomunikasi.