kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,21   -3,65   -0.36%
  • EMAS963.000 0,94%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

Perusahaan konstruksi asal Belgia berhasil ciptakan rumah dua lantai lewat printer 3D


Senin, 17 Agustus 2020 / 09:54 WIB
Perusahaan konstruksi asal Belgia berhasil ciptakan rumah dua lantai lewat printer 3D
ILUSTRASI. Perusahaan konstruksi asal Belgia berhasil ciptakan rumah dua lantai lewat printer 3D


Sumber: CNET | Editor: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - BRUSSELS. Printer 3 Dimensi (3D) raksasa di Eropa berhasil mencetak atau lebih tepatnya membangun rumah dua lantai. Kabarnya rumah dua lantai pertama kali di cetak lewat printer 3 Dimensi (3D). 

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi berkembang pesat. Demikian juga dengan bidang kontstruksi pembangunan rumah yang kini mulai mencoba teknologi terbarunya.


Seperti yang dilakukan perusahaan asal Belgia bernama Kamp C telah menyelesaikan pembangunan rumah dua lantai lewat printer 3D. 

Baca Juga: Inovatif, menu KFC baru tawarkan nugget yang dibuat dari teknologi printer 3 dimensi

Mengutip dari CNET, printer 3D yang digunakan bernama BOD2 yang dibuat oleh perusahaan COBOD.

Printer 3D ini mampu menyelesaikan konstruksi rumah dua lantai dalam waktu 15 hari saja. Printer berukuran raksasa ini pertama kali di kirimkan ke lokasi konstruksi pada November 2019.

Masih dalam kondisi utuh, printer ini kemudian di rakit menggunakan crane. Selama proses mencetak atau konstruksi rumah dua lantai ini sepenuhnya dilakukan oleh printer 3D.

Printer 3D BOD2 sepenuhnya mencetak secara otomatis. Pekerja manusia hanya bertugas untuk membantu mengoperasikan printer 3D dan memonitor proses pencetakan lewat komputer.

Sejak selesai dibangun, rumah 3D dua lantai tersebut masih dibiarkan di lokasi asalnya. Perusahaan Kamp C membiarkan rumah beserta printer 3D tetap berada di lokasi dan terbuka secara umum.

Pengunjung dapat melihat isi rumah sekaligus printer 3D yang membantu proses pembuatan rumah dua lantai tersebut.

Menurut perusahaan terkait, printer 3D ini memiliki potensi yang cukup bagus di bidang konstruksi rumah. Kelak teknologi ini bisa digunakan untuk mencetak perumahan dengan harga yang lebih terjangkau.

Meskipun begitu, masih banyak hal yang perlu diperhatikan termasuk keberlanjutan proses pengembangan printer 3D ini. Salah satu mitra Kamp C juga diketahui tengah mengembangkan teknologi printer 3D untuk membangun kolam renang.

Di masa depan mungkin bakal lebih banyak lagi konstruksi bangunan yang di cetak lewat printer 3 Dimensi (3D) jika teknologinya dimaksimalkan.

Baca Juga: Lelang rumah murah di Jakarta Timur, luas 137 m2 hanya Rp 800-an juta




TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×