kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,41   0,82   0.08%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Petuah Bijak Warren Buffett Soal Awan Gelap Ekonomi, Ketakutan, dan Hujan Emas


Selasa, 14 Maret 2023 / 08:25 WIB
Petuah Bijak Warren Buffett Soal Awan Gelap Ekonomi, Ketakutan, dan Hujan Emas
ILUSTRASI. Warren Buffett memiliki petuah bijak untuk investor terkait awan gelap ekonomi, ketakutan, dan hujan emas. REUTERS/Rick Wilking


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID -  NEW YORK. Warren Buffett memiliki petuah bijak untuk investor terkait awan gelap ekonomi, ketakutan, dan hujan emas.

Gurufocus.com memberitakan, Warren Buffett bahkan memiliki strategi khusus saat terjadinya awan gelap ekonomi, seperti pasar bearish. Pasar bearish atau menurun biasanya digambarkan sebagai situasi yang buruk bagi investor.

Saat kondisi pasar bearish, biasanya harga saham turun drastis, seringkali dalam rentang waktu yang singkat, dan menyebabkan kerugian bagi pemegang saham. 

Menurut Warren Buffett, pasar bearish juga bisa menjadi hal yang baik bagi banyak investor. Siapa pun yang merupakan pembeli bersih saham, yang berarti mereka berencana untuk membeli saham dengan nilai moneter yang lebih besar daripada yang mereka jual, dapat membeli perusahaan berkualitas tinggi dengan harga lebih murah daripada yang dapat mereka lakukan selama pasar bullish sebelumnya. 

Dan karena tujuan semua investor adalah membeli dengan harga rendah dan menjual dengan harga lebih tinggi, pasar bearish memberikan kesempatan untuk memenuhi setidaknya bagian pertama dari tujuan itu. 

Melansir gurufocus.com, setiap pasar bearish sebelumnya telah diikuti oleh pasar bullish. Terkadang, butuh waktu bertahun-tahun bagi pasar saham untuk pulih dari pasar bearish. Sementara di lain waktu bisa menjadi periode yang jauh lebih singkat. Poin ini sebelumnya telah disorot oleh Warren Buffett.  

Baca Juga: Mantra Sukses Warren Buffet: Jadilah Serakah Ketika Orang Lain Takut

Warren Buffett mengatakan, “Setiap dekade atau lebih, awan gelap akan memenuhi langit ekonomi, dan mereka sebentar lagi akan menurunkan hujan emas.”

Melansir Yahoo Finance, dalam surat tahunan terbaru kepada pemegang saham dari Berkshire Hathaway, investor miliarder itu sekali lagi menyinggung tema itu beberapa kali.

"Charlie [Munger] dan saya tidak punya rencana ajaib untuk menambah penghasilan kecuali untuk bermimpi besar dan bersiap secara mental dan finansial untuk bertindak cepat ketika peluang muncul dengan sendirinya," tulisnya di bagian yang merinci apa yang ingin dicapai Berkshire Hathaway di masa depan.

Baca Juga: Warren Buffett Sebut Menabung Bukan Hal Terpenting dalam Hidup, Ini Alasannya

Dia menambahkan, "Setiap dekade atau lebih, awan gelap akan memenuhi langit ekonomi, dan sebentar lagi akan menurunkan hujan emas. Ketika hujan seperti itu terjadi, sangat penting bagi kita untuk bergegas keluar membawa bak cuci, bukan sendok teh. Dan itu akan kita lakukan."




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×