kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pilot mogok, Jetstar pangkas rute domestik dan siap jual pesawat


Senin, 16 Desember 2019 / 07:42 WIB
Pilot mogok, Jetstar pangkas rute domestik dan siap jual pesawat
ILUSTRASI. Pesawat Jetstar.

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Jetstar bakal memangkas rute penerbangan domestik hingga 10% pada Januari tahun depan, menyusul aksi mogok pilot mereka. Maskapai berbiaya murah ini juga mempertimbangkan penjualan tiga pesawat Boeing 787-8 yang melayani rute internasional yang merugi.

Anak perusahaan Qantas Airways Ltd tersebut menyatakan, dampak finansial akibat aksi mogok pilot dan staf darat pada Desember tahun ini dan Januari tahun depan bisa mencapai A$ 20 juta hingga A$ 25 juta. Jetstar berencana meninjau lebih luas armada dan jaringannya, termasuk Boeing 787-8.

"Tidak ada keraguan bahwa aksi mogok itu (berdampak) mahal dan membuat frustrasi, tetapi kami harus tetap pada batas biaya atau mengancam keberlanjutan jangka panjang bisnis kami," kata Chief Executive Officer Jetstar Group Gareth Evans dalam pernyataan, Senin (16/12), seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Ganti armada pesawat, Qantas targetkan pengeluaran mencapai US$ 1,36 miliar

Sabtu (7/12) dan Ahad (8/12) lalu, hampir 100 penerbangan domestik Jetstar dibatalkan, setelah pilot melakukan mogok selama empat jam untuk menuntut kenaikan upah. "Kami membatalkan sekitar 44 penerbangan pada Sabtu dan 46 penerbangan di Minggu," ujar Evans.

Penumpang yang sudah membeli tiket tapi ingin membatalkan penerbangan selama 13-20 Desember akan mendapat pengembalian uang tiket secara penuh. Federasi Pilot Australia (AFAP) dan Jetstar terlibat sengketa soal upah dan kondisi kerja.


Tag


TERBARU

Close [X]
×