kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Potensi Bencana Ekonomi Jika Krisis Plafon Utang AS Gagal Disetujui


Rabu, 24 Mei 2023 / 20:28 WIB
Potensi Bencana Ekonomi Jika Krisis Plafon Utang AS Gagal Disetujui
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (15/7/2022). ANTARA FOTO/POOL/Fikri Yusuf/foc.


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON - Bagaimana dampak yang mungkin terjadi di Main Street jika konfrontasi politik di Washington mengenai plafon utang menghentikan pemerintah dalam mengeluarkan cek yang mendanai seperempat dari ekonomi?

Masyarakat Amerika bisa segera merasakan pukulan berat terhadap rekening pensiun mereka saat pasar saham merosot, dan dalam beberapa hari ke depan, kekurangan pembayaran pemerintah federal bisa memberatkan dokter, pensiunan, dan tempat kerja di seluruh negeri.

Bagaimana Krisis Dimulai?

Jika Kongres AS dan Gedung Putih gagal untuk mengangkat batas utang federal yang ditetapkan sendiri sebesar US$ 31,4 triliun, Departemen Keuangan dapat mulai tidak membayar kewajiban-kewajibannya sejak 1 Juni, menurut Janet Yellen, kepala departemen tersebut.

Pada saat itu, Washington akan menghadapi tekanan besar untuk tetap melakukan pembayaran pada obligasi Amerika Serikat yang menjadi dasar sistem keuangan global. Tidak membayar kewajiban tersebut akan memicu kekacauan di Wall Street dengan proporsi sejarah. "Itu akan menjadi bencana besar," kata Mark Zandi, seorang ekonom di Moody's Analytics.

Meskipun Departemen Keuangan membayar pemegang obligasi tepat waktu, seperti yang diharapkan oleh sebagian besar pengamat, disfungsi politik yang mendorong krisis ini akan menimbulkan ketidakpercayaan terhadap prospek ekonomi Amerika, dan nilai dari hampir semua kepemilikan orang Amerika, mulai dari rumah hingga portofolio pensiun mereka, akan turun. "Harga saham akan turun, nilai properti komersial, harga rumah. Semuanya akan turun," kata Zandi.

Suku bunga akan meningkat, membuat lebih sulit untuk membeli rumah atau mobil, atau meminjam uang untuk memulai bisnis. Dalam beberapa hari, kekacauan keuangan tersebut akan menjadi kekuatan utama yang mendorong ekonomi menuju resesi, kata Zandi. 

Apakah Bisa Lebih Buruk Lagi?

PHK massal yang biasanya terjadi saat resesi bisa terjadi beberapa minggu setelah default. Lebih cepat lagi, ratusan miliar dolar pengeluaran pemerintah federal bisa tertahan dari roda perekonomian.

Kantor dokter, rumah sakit, dan perusahaan asuransi bisa menjadi salah satu yang terkena imbas pertama. Pada 1 Juni, mereka seharusnya menerima pembayaran sekitar US$ 47 miliar melalui Medicare, program asuransi kesehatan publik Amerika untuk warga lanjut usia, menurut Bipartisan Policy Center, sebuah lembaga pemikir yang memperkirakan jadwal tagihan pemerintah sehari-hari di Washington.

Karena Medicare mendanai sekitar satu perlima perawatan kesehatan di AS, beberapa dokter mungkin tidak memiliki uang untuk membayar staf dan tagihan lainnya. Keputusan sulit harus dibuat mengenai penjadwalan operasi dan prosedur lainnya tanpa memiliki dana untuk membayarnya. "Semakin lama ini berlangsung, semakin mengganggu," kata Tricia Neuman, seorang ahli kebijakan kesehatan di kelompok penelitian KFF.

Siapa yang Terkena Langsung? 

Pada 2 Juni, sekitar seperempat pensiunan di negara ini bisa memeriksa rekening bank mereka dan melihat bahwa US$ 25 miliar yang diharapkan dari pembayaran Social Security tidak didepositkan.

Pembayaran juga bisa berhenti kepada kontraktor pemerintah, termasuk US$ 1 miliar yang jatuh tempo untuk kontraktor pertahanan pada 2 Juni. Pada 9 Juni, US$ 4 miliar gaji bisa tidak dibayarkan untuk sebagian pegawai federal yang berjumlah 2 juta orang, dan sekolah-sekolah yang mengharapkan US$ 1 miliar pendanaan federal mungkin harus melakukannya tanpa itu. Beberapa pembayaran mungkin terlambat dengan signifikan.

Orang-orang akan memperhatikan rekening bank mereka untuk setoran yang terlewat dan juga Wall Street, di mana kekhawatiran tentang kredibilitas negara bisa merusak nilai tabungan hidup orang-orang.

"Seseorang harus menunggu beberapa hari untuk mendapatkan cek Social Security mereka, dan yang lainnya adalah penurunan 20% dalam rencana 401(k) mereka," kata Shai Akabas, direktur kebijakan ekonomi di Bipartisan Policy Center.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×