kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Potret Menakjubkan Gerhana Matahari di Planet Mars Berhasil Diabadikan NASA


Kamis, 21 April 2022 / 11:56 WIB
Potret Menakjubkan Gerhana Matahari di Planet Mars Berhasil Diabadikan NASA
ILUSTRASI. Potret Menakjubkan Gerhana Matahari di Planet Mars Berhasil Diabadikan NASA


Penulis: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Potret menakjubkan gerhana matahari di planet Mars berhasil diabadikan NASA. Yuk intip seperti apa detik-detik gerhana Matahari di planet Mars?

Sepertinya pemandangan gerhana Matahari di Bumi dan Mars terlihat berbeda. Keduanya menakjubkan, tetapi gerhana Matahari di Bumi menampilkan cahaya matahari yang tertutup oleh Bulan hampir seluruh bagian.

Hanya menyisakan cahaya Matahari di pinggiran, yang membuatnya terlihat seperti cincin.

Sementara itu, gerhana di planet Mars terlihat seperti bebatuan yang melintasi Matahari.

Melansir dari Cnet (21/04/2022), NASA baru-baru ini mengabadikan momen menakjubkan di mana gerhana Matahari sedang terjadi di Mars.

Baca Juga: Hujan Meteor Lyrids Terjadi Pada 21-22 April, Bagaimana Cara Melihatnya?

Potret tersebut berhasil ditangkap oleh Pervseverance rover milik NASA. Wahana penjelajahan NASA yang ditugaskan di planet Mars ini juga merekam detik-detik penampakan gerhana Matahari yang terjadi pada (02/04/2022) dan dirilis baru-baru ini.

Seperti yang kita ketahui, gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari. Fenomena serupa juga dapat terjadi di Mars, namun dengan penampakan yang berbeda.

Mars sendiri memiliki dua satelit alami, yaitu bulan yang bernama Phobos dan Deimos. Keduanya sama-sama kecil dan bentuknya tidak bulat.

Penampakan gerhana Matahari di Planet Mars

Phobos lebih besar dan memiliki kawah tumbukan yang besar dan khas, bahkan bentuknya terlihat menyerupai kentang.

Kabar baiknya, fenomena menakjubkan ini berhasil diabadikan menggunakan kamera Mastcam-Z yang disematkan pada Perseverance rover milik NASA ini.

Baca Juga: 8 Nama Planet di Tata Surya, Urut dari yang Terdekat dengan Matahari Sampai Terjauh

Pernyataan NASA menjelaskan bahwa dalam deskripsi bahwa rekaman tersebut ditangkap dengan pembesaran paling dekat, dan frame-rate tertinggi dalam pengamatan gerhana Matahari yang menampilkan bulan Phobos ini.

Rekaman detik-detik gerhana yang menakjubkan ini menampilkan bulan Phobos yang muncul sebagai siluet bergerak di depan bola oranye yang merupakan Matahari.

"Pengamatan ini dapat membantu para ilmuwan dan memahami orbit bulan dan bagaimana gravitasinya menarik permukaan Mars, yang pada akhirnya membentuk kerak dan mantel planet merah ini," ujar NASA dalam sebuah pernyataan.

Mastcam-Z rover adalah peningkatan dari kamera sebelumnya yang telah dikirim ke Mars. Kamera ini memiliki filter matahari dan dapat diperbesar, kombinasi yang sempurna untuk mengabadikan momen gerhana ini.

"Saya tahu ini akan bagus, tapi saya tidak menyangka akan sehebat ini," kata anggota tim Mastcam-Z Rachel Howson dari Malin Space Science System.

Phobos sendiri berada di jalur yang sangat lambat untuk bertabrakan dengan Mars jutaan tahun ke depan, tetapi lebih banyak dinantikan kemunculan saat gerhana yang indah ini, sebelum kelak hancur saat bertabrakan.

Bagaimana penampakan gerhana Matahari di planet Mars ini? Menakjubkan, bukan?




TERBARU

[X]
×