kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,04   12,24   1.38%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prancis Naikkan Peringatan Kewaspadaan Teror ke Tingkat Tertinggi, Ada Apa?


Senin, 25 Maret 2024 / 06:37 WIB
Prancis Naikkan Peringatan Kewaspadaan Teror ke Tingkat Tertinggi, Ada Apa?
ILUSTRASI. Prancis meningkatkan peringatan kewaspadaan teror ke tingkat tertinggi menyusul penembakan di Moskow. REUTERS/Gonzalo Fuentes


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - PARIS. Pemerintah Prancis meningkatkan peringatan kewaspadaan teror ke tingkat tertinggi menyusul penembakan di Moskow. 

Menurut Perdana Menteri Prancis Gabriel Attal pada Minggu (24/3/3034), langkah ini diambil setelah digelarnya pertemuan dengan pejabat senior keamanan dan pertahanan dengan Presiden Emmanuel Macron.

Mengutip Reuters, Attal mengatakan dalam sebuah postingan di X bahwa keputusan tersebut, yang diambil beberapa bulan sebelum Paris menjadi tuan rumah Olimpiade, diambil mengingat ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan (Moskow) dan ancaman yang membebani negara tersebut.

Sistem peringatan teror Perancis mempunyai tiga tingkat, dan tingkat tertinggi diaktifkan ketika terjadi serangan di Prancis atau di luar negeri, atau ketika ancaman serangan dianggap sudah dekat.

Hal ini memungkinkan dilakukannya langkah-langkah keamanan yang luar biasa seperti peningkatan patroli oleh angkatan bersenjata di tempat-tempat umum seperti stasiun kereta api, bandara, dan tempat keagamaan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pada Jumat (23/3), terjadi serangan mematikan di sebuah konser dekat Moskow.

Baca Juga: Teror di Rusia Sebabkan 133 Warga Meninggal, Putin Tetapkan Hari Berkabung Nasional

Mengutip ABC News, Komite Investigasi Rusia pada Minggu mengumumkan, korban tewas dalam serangan teror di Balai Kota Crocus Moskow telah meningkat menjadi 137 orang, termasuk tiga anak-anak.

Hingga kini, operasi pencarian terus berlanjut untuk menemukan mayat-mayat di bawah reruntuhan.

Presiden Rusia Vladimir Putin diberitahu pada hari Sabtu bahwa empat tersangka pria bersenjata yang bertanggung jawab atas serangan itu ditangkap di dekat perbatasan barat Rusia dengan Ukraina, kantor berita Rusia melaporkan.

Tujuh orang lainnya telah ditahan dan pencarian kaki tangan lainnya masih berlangsung.

Baca Juga: Serangan di Konser Dekat Moskow: 40 Terbunuh dan 100 Orang Lebih Terluka

ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan pada Jumat malam, di mana sejumlah pria bersenjata melepaskan tembakan ke arah penonton konser di salah satu kompleks hiburan terbesar di Moskow. Para penyerang kemudian membakar kompleks tersebut.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×