kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Predikat Word of the Year 2020 resmi jatuh kepada kata Pandemic


Selasa, 01 Desember 2020 / 13:24 WIB
Predikat Word of the Year 2020 resmi jatuh kepada kata Pandemic
ILUSTRASI. WHO resmi menetapkan penyakit COVID-19 sebagai pandemi pada Maret 2020.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Merriam-Webster, perusahaan Amerika Serikat yang menerbitkan buku dan terkenal dengan kamusnya yang terpercaya, kembali mengumumkan penghargaan Word of the Year. Untuk tahun ini, Word of the Year jatuh kepada kata pandemic.

Dikutip dari Reuters, pandemic menjadi kata yang paling banyak dicari di kamus online, mengalahkan kata-kata lainnya. 

"Kadang-kadang satu kata mendefinisikan sebuah era, dan sudah sepantasnya di tahun yang luar biasa dan sangat sulit ini, satu kata mengemuka," tulis Merriam-Webster di laman resminya.

Merriam-Webster mendefinisikan pandemic atau pandemi sebagai wabah penyakit yang terjadi di wilayah geografis yang luas, seperti beberapa negara atau benua, dan umumnya memengaruhi sebagian besar populasi.

Asal kata pandemic adalah "pan", merupakan bahasa Yunani yang memiliki arti semua atau setiap, dan "demo" yang berarti orang.

Baca Juga: WHO: Di sub-Sahara Afrika, Malaria lebih mematikan dari Covid-19

Pencarian kata pandemic melalui kamus online Merriam-Webster mulai melonjak pada 11 Maret lalu, tepat saat WHO secara resmi mengumumkan penyakit COVID-19 sebagai pandemi.

"Kata pandemic mengalami lonjakan tunggal terbesar dalam lalu lintas kamus pada 2020, menunjukkan peningkatan 115.806% dibandingkan pencarian pada hari itu di 2019," ungkap Merriam-Webster.

Tahun lalu, predikat Word of the Year diberikan kepada kata "they", kata yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tidak diidentifikasi sebagai pria atau wanita.

Pada 2018, Word of the Year disematkan kepada kata "justice", lalu 2017 kepada kata "feminism", dan 2016 kepada kata "surreal".

Selanjutnya: Banyak kabar baik, WHO ungkap cara kerja vaksin




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×