kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Presiden China Xi Jinping akan ke Iowa? Ini penjelasan Trump


Minggu, 03 November 2019 / 04:45 WIB
Presiden China Xi Jinping akan ke Iowa? Ini penjelasan Trump
ILUSTRASI. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada hari Jumat menyatakan dia akan menandatangani perjanjian perdagangan dengan Presiden China Xi Jinping di negara bagian Iowa, negara bagian yang terpukul keras akibat kenaikan tarif dalam perang dagang yang berlangsung hampir 16 bulan antara AS dan China.

Menurut Trump penandatanganan perjanjian tahap satu perjanjian dagang akan berjalan dengan baik dan dia berharap menandatanganinya dengan Xi di lokasi AS.

Baca Juga: Trump: AS dan China akan umumkan tempat baru penandatanganan perjanjian dagang

"Kami melihat beberapa lokasi yang berbeda. Bahkan bisa di Iowa, " kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih seperti dilansir Reuters, Sabtu (2/11).

Ia menambahkan, bahwa pihaknya sedang mendiskusikan lokasinya, tetapi ia ingin menyelesaikan transaksi terlebih dahulu.

Trump dan Xi sebelumnya berharap dapat menandatangani perjanjian tersebut pada pertemuan puncak Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik di Santiago Chile pada 16-17 November mendatang, tetapi rencana itu buyar setelah pada hari Rabu Chile mundur sebagai tuan rumah pertemuan tersebut.

Menurut Trump, ia mengusulkan Iowa karena negara bagian tersebut merupakan negara bagian utama dalam pemilihan presiden 2020 pada awal Februari dan itu akan menjadi lokasi yang baik.

Baca Juga: Menteri Luar Negeri AS Pompeo sebut Partai Komunis China sebagai ancaman

“Kami berpikir tentang Iowa, Anda tahu mengapa, karena itu akan menjadi urutan terbesar dalam sejarah bagi petani. Jadi bagi saya, Iowa masuk akal. Saya suka Iowa. Itu kemungkinan, " kata Trump.




TERBARU

Close [X]
×