kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Presiden Donald Trump yakin memiliki wewenang melengserkan Ketua The Fed


Kamis, 20 Juni 2019 / 08:23 WIB
Presiden Donald Trump yakin memiliki wewenang melengserkan Ketua The Fed

Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Niat Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendongkel Jerome Powell dari kursi Ketua Federal Reserve sudah bulat. Trump yakin ia memiliki wewenang untuk mengganti Powell dan melengserkannya dari Ketua The Fed. 

Hanya saja, Bloomberg mengutip sumber-sumber yang mengetahui masalah ini melpaorkan, Trump tidak berencana menurunkan Powell saat ini.


Trump yang terus menekan The Fed untuk menurunkan suku bunga, mengatakan pada bulan Oktober tahun lalu bahwa bank sentral AS telah "menjadi gila" di bawah Powell.

The Fed sendiri pada Rabu (19/6), memutuskan mempertahankan suku bunga untuk saat ini. Namun, The Fed memberi sinyal untuk menurunkan suku bunga pada bulan depan untuk memerangi risiko ekonomi global dan domestik yang sedang meningkat.

Sebelumnya dikabarkan, pengacara Gedung Putih pada awal tahun ini telah mengeksplorasi aspek hukum apakah mereka dapat mencopot Jerome Powell dari kursi Ketua The Fed.

Trump telah berulang kali menyerang Powell karena menaikkan suku bunga. Ia menyebut, kenaikan suku bunga The Fed di tahun lalu meremehkan kebijakan ekonomi dan perdagangannya, terutama ketika ia berjuang mengatasi masalah perdagangan dengan China. 

Trump, yang memilih Powell untuk menggantikan Janet Yellen sebagai Ketua The Fed, mengatakan kepada ABC News pekan lalu: "Saya tidak senang dengan apa yang telah ia lakukan."




TERBARU

Close [X]
×