kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden Lebanon Kabur dari Istana Negara, Ekonomi Dilanda Krisis Keuangan Akut


Selasa, 01 November 2022 / 07:51 WIB
Presiden Lebanon Kabur dari Istana Negara, Ekonomi Dilanda Krisis Keuangan Akut
ILUSTRASI. Presiden Lebanon Michel Aoun meninggalkan Istana Negara Baabda pada hari Minggu (30/10/2022). REUTERS/Goran Tomasevic


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIRUT. Presiden Lebanon Michel Aoun meninggalkan Istana Negara Baabda pada hari Minggu (30/10/2022). Dia meninggalkan kekosongan posisi puncak di negara yang mengalami kegagalan ekonomi itu.

Melansir Euronews, Aoun memimpin negara yang dilanda krisis keuangan akut. Di masa kepemimpinannya, terjadi peristiwa ledakan mematikan di pelabuhan Beirut yang menewaskan lebih dari 200 orang pada tahun 2020.

Meninggalkan tampuk kekuasaan tanpa ada yang menggantikannya juga membuat Lebanon menghadapi krisis konstitusional.

Namun terlepas dari warisan yang bermasalah, ribuan pendukung ternyata menolaknya setelah mendengarnya mengakui perjuangan besar yang harus dihadapi negara tersebut.

"Situasinya membutuhkan upaya besar. Anda tahu berapa banyak Lebanon dan Anda sendiri telah kehilangan. Tanpa upaya ini, kita tidak dapat mengakhiri penderitaan kita. Kita tidak dapat menyelamatkan Lebanon dari lubang yang dalam ini," jelasnya di hadapan para pendukungnya seperti yang dikutip dari Euronews

Baca Juga: Lebanon Dilanda Krisis Akut, Nasabah Bawa Pistol untuk Tarik Uang di Bank

Empat sesi di parlemen Lebanon yang terpecah telah gagal mencapai konsensus untuk menggantikan Aoun. Tidak hanya itu, kabinet sekarang beroperasi dalam kapasitas sementara.

Satu titik terang dalam warisannya adalah bahwa dalam minggu terakhirnya sebagai presiden ia menandatangani kesepakatan yang ditengahi AS yang menggambarkan perbatasan laut selatan Lebanon dengan Israel. Ini merupakan sebuah terobosan diplomatik sederhana yang akan memungkinkan kedua negara untuk mengekstrak gas alam dari deposit maritim.

Aoun mengatakan kesepakatan itu membuka jalan bagi penemuan gas yang bisa menjadi "kesempatan terakhir" Lebanon untuk pulih dari krisis keuangan tiga tahun yang telah merugikan mata uang sebesar 95% dari nilainya dan mendorong 80% populasi ke dalam kemiskinan.

Lebanon sebaliknya telah membuat kemajuan yang lambat dalam daftar reformasi yang diperlukan untuk mendapatkan akses ke pendanaan sebesar US$ 3 miliar dari Dana Moneter Internasional (IMF).

Baca Juga: Lebanon Kecam Aksi Israel yang Menggunakan Wilayah Udaranya untuk Mengebom Suriah

Presiden yang tidak beruntung

Ali Hashem dari Al Jazeera melaporkan dari Baabda, masyarakat di negara itu memiliki “perasaan campur aduk” atas pemerintahan enam tahun Aoun.

“Pendukung Michel Aoun mengatakan dia adalah presiden yang tidak beruntung. Saingannya ... mengatakan dia telah gagal dan sangat mengecewakan," jelas Hashem.

Dia menambahkan, “Era Michel Aoun yang akan berakhir pada hari Senin akan selalu diingat terkait ledakan di pelabuhan Beirut pada tahun 2020 … dan juga krisis keuangan dan protes yang dimulai pada tahun 2019. Ini adalah aspek utama dari warisannya.”




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×