Presiden Ukraina: Masih Terlalu Dini Bicara untuk Mengakhiri Perang dengan Rusia

Sabtu, 17 September 2022 | 18:05 WIB Sumber: Al Jazeera,Reuters
Presiden Ukraina: Masih Terlalu Dini Bicara untuk Mengakhiri Perang dengan Rusia


KONTAN.CO.ID - KYIV. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menegaskan, terlalu dini untuk mengatakan perang dengan Rusia akan berakhir.

"Masih terlalu dini untuk berbicara tentang mengakhiri perang ini," katanya dalam wawancara dengan Reuters, Jumat (16/9).

Itu sebabnya, Zelenskyy mengulangi seruannya kepada negara-negara Barat dan lainnya untuk meningkatkan pasokan senjata ke Ukraina.

"Kami ingin lebih banyak bantuan dari Turki, Kami ingin lebih banyak bantuan dari Korea Selatan. Lebih banyak bantuan dari dunia Arab. Dari Asia," ungkap dia.

Baca Juga: Vladimir Putin: Kami akan Mengakhiri Konflik di Ukraina Sesegera Mungkin

Sementara Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada Perdana Menteri India Narendra Modi, dia ingin mengakhiri konflik di Ukraina sesegera mungkin.  

"Saya tahu posisi Anda dalam konflik di Ukraina, kekhawatiran Anda yang terus-menerus Anda ungkapkan," kata Putin kepada Modi di sela-sela KTT Organisasi Kerjasama Shanghai di Samarkand, Uzbekistan. 

"Kami akan melakukan segalanya untuk menghentikan ini sesegera mungkin," ujar Presiden Rusia dalam pernyataan yang Kremlin rilis, Jumat (16/9), seperti dikutip Al Jazeera.

"Sayangnya, pihak lawan, pimpinan Ukraina, mengumumkan penolakannya terhadap proses negosiasi dan menyatakan ingin mencapai tujuannya dengan cara militer," ungkap Putin.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru