kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden Uni Emirat Arab Wafat, Para pemimpin Dunia Beri Penghormatan Terakhir


Minggu, 15 Mei 2022 / 17:17 WIB
Presiden Uni Emirat Arab Wafat, Para pemimpin Dunia Beri Penghormatan Terakhir
ILUSTRASI. United Arab Emirates President Sheikh Khalifa bin Zayed al-Nahyan . REUTERS/Stephanie McGehee/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - DUBAI. Para pemimpin dunia mulai berdatangan ke Uni Emirat Arab pada Minggu (15/5) untuk menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Presiden Khalifa bin Zayed al-Nahyan, yang digantikan oleh saudara tirinya dan pemimpin de facto Sheikh Mohammed bin Zayed.

Mengutip Reuters, Minggu (15/5), Sheikh Mohammed, kini penguasa Emirat Arab, memimpin negara Teluk yag bersekutu dengan Barat, produsen minyak OPEC dan pusat bisnis regional, selama bertahun-tahun sebelum terpilih sebagai presiden ketiga Uni Emirat Arab oleh dewan tertinggi federal pada Sabtu.

Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang negaranya memiliki hubungan bisnis dan militer yang menguntungkan dengan UEA, tiba di Abu Dhabi dan dalam sebuah posting Twitter memberi penghormatan kepada "nilai-nilai perdamaian, keterbukaan, dan dialog" Sheikh Khalifa.

Presiden Israel, yang menjalin hubungan dengan UEA dua tahun lalu dalam penataan kembali utama Timur Tengah, yang menarik kemarahan Palestina, juga dijadwalkan pada hari Minggu seperti juga presiden Palestina dan perdana menteri Inggris.

Presiden AS Joe Biden, yang pemerintahannya memiliki hubungan penuh dengan UEA dan Arab Saudi, akan diwakili oleh Wakil Presiden Kamala Harris, yang akan berkunjung pada Senin.

Baca Juga: Sheikh Mohammed (MbZ) Resmi Jadi Presiden, UEA Diprediksi Lebih Diversifikasi Ekonomi

Beberapa pemimpin Arab, termasuk raja Yordania dan presiden Mesir, memberikan penghormatan pada hari Sabtu. Putra mahkota Arab Saudi, yang ayahnya Raja Salman masuk rumah sakit seminggu yang lalu, mengirim delegasi.

Sheikh Mohammed, yang dikenal sebagai MbZ, telah menjadi kekuatan pendorong dalam politik Timur Tengah, memperjuangkan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman di Barat saat ia naik ke tampuk kekuasaan dan memerangi politik Islam, yang dipandang sebagai ancaman bagi pemerintahan dinasti Teluk, di sekitar wilayah tersebut.

MbZ memperdalam hubungan dengan Rusia dan China ketika negara-negara Teluk semakin mempertanyakan komitmen regional penjamin keamanan tradisional Amerika Serikat. 

Ketegangan dalam hubungan AS-Emirat disorot oleh konflik Ukraina karena negara-negara Teluk menolak untuk berpihak pada sekutu Barat dalam mengisolasi Rusia.

Baca Juga: Gantikan Kakaknya, Pangeran MBZ Terpilih Jadi Presiden Baru Uni Emirat Arab

Setelah bertahun-tahun permusuhan, Abu Dhabi juga telah bergerak untuk terlibat dengan Iran dan Turki ketika UEA menggandakan pertumbuhan ekonomi di tengah meningkatnya persaingan regional dan dorongan global dari hidrokarbon, sumber kehidupan ekonomi Teluk.




TERBARU

[X]
×