kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Produsen senjata tertua dan terbesar AS ajukan perlindungan kebangkrutan


Senin, 26 Maret 2018 / 13:20 WIB
Produsen senjata tertua dan terbesar AS ajukan perlindungan kebangkrutan
ILUSTRASI. Penembakan siswa sekolah di Florida


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Salah satu produsen senjata terbesar AS, Remington Outdoor Co Inc, mengajukan perlindungan kebangkrutan pada Minggu (25/3). Remington saat ini tengah berupaya untuk mendapatkan kesepakatan pemotongan utang dengan para kreditur di tengah meningkatnya tekanan publik untuk pengendalian senjata yang lebih besar di Amerika.

Dalam dokumen pengadilan, Chief Financial Officer Remington, Stephen Jackson, mengatakan penjualan perusahaan mengalami penurunan secara signifikan pada tahun sebelum kebangkrutannya. Selain itu,  perusahaan mengalami kesulitan memenuhi persyaratan dari pemberi pinjaman.

Remington, yang juga merupakan produsen senjata tertua di Amerika, pernah mengumumkan pada Februari lalu untuk mengurangi beban utangnya senilai US$ 950 juta dalam sebuah kesepakatan yang akan mengalihkan kendali perusahaan kepada kreditor. Dokumen yang sama juga menunjukkan, perusahaan berencana untuk menyelesaikan proses kebangkrutannya paling cepat 3 Mei.

Pengajuan kebangkrutan dilakukan setelah terjadi insiden penembakan pada 14 Februari di sebuah sekolah menengah di Parkland, Florida yang menewaskan 17 orang. Insiden ini juga memicu kampanye yang sangat intensif untuk pengontrolan senjata oleh para aktivis.

Pembantaian itu juga menyebabkan demonstrasi anti-senjata AS yang sangat besar oleh ratusan ribu pemuda Amerika pada Sabtu (24/3) lalu.

Dalam beberapa aksi demonstrasi pemuda terbesar AS selama beberapa dekade, para pengunjuk rasa meminta anggota parlemen dan Presiden Donald Trump untuk menghadapi masalah ini.

Sejumlah perusahaan dan peritel utama AS telah mengambil beberapa langkah untuk membatasi penjualan senjata api.

Pada pekan lalu, Citigroup Inc mengatakan pihaknya membutuhkan klien sektor ritel baru untuk menjual senjata api hanya kepada pelanggan yang lulus pemeriksaan latar belakang dan melarang penjualan majalah berkapasitas tinggi.

Citi juga bilang, akan membatasi penjualan untuk pembeli di bawah usia 21 tahun, langkah yang diadopsi oleh peritel besar lainnya. Sementara, rantai superstore Kroger Co Fred Meyer mengatakan akan berhenti menjual senjata api sepenuhnya.

Nasib Cerberus

Cerberus Capital Management LP, perusahaan ekuitas swasta yang mengendalikan Remington, akan kehilangan kepemilikan dalam pengajuan kebangkrutan ini.

Sumber Reuters membisikkan, para kreditur Remington -termasuk Franklin Templeton Investments dan JPMorgan Asset Management-  akan menukarkan utang mereka dengan ekuitas Remington.

Para kreditur menandatangani kesepakatan pemotongan utang sebelum penembakan Parkland, dan tidak jelas apakah ada yang keluar. Perjanjian dukungan restrukturisasi memungkinkan kreditur untuk menjual kepemilikan mereka, namun para pembeli terikat oleh kesepakatan.

Seorang investor mengatakan kepada IFR, penyedia berita Thomson Reuters, bahwa perusahaannya telah mempertimbangkan membeli utang Remington yang akan ditukar menjadi ekuitas, yang ditawarkan paling rendah 25 sen dollar.

Remington mengajukan Bab 11 kebangkrutan di Pengadilan Kepailitan AS untuk Distrik Delaware.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×