kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,15   -4,52   -0.50%
  • EMAS939.000 0,21%
  • RD.SAHAM 0.83%
  • RD.CAMPURAN 0.50%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Puji aset Berkshire, Warren Buffett: Jangan pernah bertaruh melawan Amerika Serikat


Minggu, 28 Februari 2021 / 11:32 WIB
Puji aset Berkshire, Warren Buffett: Jangan pernah bertaruh melawan Amerika Serikat
ILUSTRASI. Puji aset Berkshire, Warren Buffett: Jangan pernah bertaruh melawan Amerika Serikat.

Sumber: CNBC | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Investor kawakan dan CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett memuji pertumbuhan aset perusahaannya dan tetap percaya pada impian Amerika. Ia mengatakan, jangan pernah bertaruh melawan Amerika Serikat atau never bet against America, tulis Buffett dalam surat tahunannya kepada para pemegang saham.

Buffett yang kini berusia 90 tahun mengatakan, dalam usia AS yang singkat, 232 tahun, tidak ada inkubator yang dapat melepaskan potensi manusia seperti di AS. “Meskipun ada beberapa gangguan parah, kemajuan ekonomi negara kami sangat menakjubkan. Kesimpulan kami yang teguh: Jangan pernah bertaruh melawan Amerika," tulis Buffett seperti dilansir CNBC, Sabtu (27/2).

Untuk menguatkan klaimnya tersebut, Buffett menuturkan bahwa secara fakta, saat ini, Berkshire memiliki aset baik itu properti, pabrik dan peralatan dengan jumlah terbesar berdasarkan nilai dibandingkan perusahaan lain di AS.

“Biaya penyusutan Berkshire dari 'aset tetap' domestik ini adalah US$ 154 miliar. Baris berikutnya dalam daftar ini adalah AT&T, dengan properti, pabrik, dan peralatan senilai US$ 127 miliar, ”tulisnya.

Baca Juga: Warren Buffett akui salah perhitungan saat akuisisi Precision Castparts

Buffett juga menyoroti dua bisnis Berkshire yang sepenuhnya dimiliki Amerika yakni BNSF Railway dan Berkshire Hathaway Energy (BHE) yang menghasilkan US$ 8,3 miliar pada tahun 2020 meskipun permintaan menurun di tengah pandemi Covid-19.

“Kereta api Anda membawa sekitar 15% dari semua ton-mil non-lokal (satu ton barang yang dipindahkan sejauh satu mil) barang yang bergerak di Amerika Serikat, baik dengan kereta api, truk, pipa, tongkang atau pesawat,” kata Buffett. 

“Sejarah perkeretaapian Amerika sangat menarik. Setelah sekitar 150 tahun konstruksi yang hiruk pikuk, penipuan, pembangunan berlebihan, kebangkrutan, reorganisasi dan merger, industri kereta api akhirnya muncul beberapa dekade lalu sebagai industri yang matang dan rasional. ”

Buffett yakin BHE akan menjadi pemimpin dalam penyampaian energi bersih di masa depan. BHE memulai usaha senilai US$ 18 miliar untuk mengerjakan ulang dan memperluas sebagian besar jaringan usang yang sekarang menyalurkan listrik ke seluruh Barat, kata Buffett.

“Tidak seperti rel kereta api, utilitas listrik negara kita membutuhkan perubahan besar-besaran di mana biaya akhirnya akan sangat tinggi,” kata Buffett dalam surat tersebut. 

Baca Juga: Warren Buffett India dukung boikot bitcoin, apa katanya?

“Upaya ini akan menyerap semua pendapatan BHE selama beberapa dekade mendatang. Kami menyambut baik tantangan ini dan percaya bahwa investasi tambahan akan dihargai dengan semestinya. ”

Dan Buffett mengingatkan investor bahwa keajaiban memang terjadi di Amerika tengah meskipun banyak perhatian di wilayah pesisir. Bagaimanapun, legenda investasi yang memulai konglomeratnya di Omaha, Nebraska dan kantor pusatnya itu tetap berbasis di Negara Bagian Cornhusker.

“Kisah sukses berlimpah di seluruh Amerika,” kata Buffett. “Sejak negara kita lahir, individu dengan ide, ambisi, dan seringkali hanya sedikit modal telah berhasil melampaui impian mereka dengan menciptakan sesuatu yang baru atau dengan meningkatkan pengalaman pelanggan dengan sesuatu yang lama.”

Selanjutnya: Dimotori cucu Warren Buffett, anak-anak muda kaya Asia pilih investasi di sektor ini

 




TERBARU

[X]
×