kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Puluhan mumi Mesir kuno ditemukan setelah lebih dari 2.500 tahun


Senin, 05 Oktober 2020 / 09:56 WIB
Puluhan mumi Mesir kuno ditemukan setelah lebih dari 2.500 tahun
ILUSTRASI. Ilustrasi mumi Mesir kuno. REUTERS/Mohamed Abd El Ghany


Sumber: Associate Press,Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - CAIRO. Pemerintah Mesir pada Sabtu (3/10/2020) menunjukkan lusinan peti mati milik para pendeta dan juru tulis dari dinasti ke-26 hampir 2.500 tahun lalu. Para arkeolog mengatakan, puluhan lainnya ditemukan di pekuburan Saqqara yang luas hanya beberapa hari yang lalu.

59 peti mati ditemukan pada bulan Agustus di situs warisan dunia UNESCO di selatan Kairo, dikuburkan di tiga lubang sepanjang 10-12 meter bersama dengan 28 patung Dewa Seker Mesir kuno, salah satu dewa pemakaman terpenting.

Melansir Reuters, menurut Mostafa al-Waziri, sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Barang Antik Mesir, mereka adalah pendeta dan juru tulis dari dinasti ke-26.

Baca Juga: Studi baru ungkapkan mumi kucing di Mesir mati dicekik sebelum dibungkus

Misi arkeologi Mesir di balik penemuan tersebut telah aktif sejak 2018 dan sebelumnya mengungkap cache mumi hewan dan makam yang terpelihara dengan baik dari pendeta kerajaan dinasti kelima yang disebut 'Wahtye' di daerah tersebut.

Waziri menjelaskan tim telah menemukan tiga lubang tempat peti mati diletakkan dalam "kondisi sempurna" karena segel pelindung yang melindungi mereka dari reaksi kimia.

Misi tim arkeolog akan terus membuka peti mati dan mempelajari isinya sebelum akhirnya dipamerkan di Museum Agung Mesir, yang diharapkan dibuka tahun depan.

Penemuan besar

Sementara itu, mengutip AP, Menteri pariwisata dan barang antik Mesir Khalid el-Anany mengatakan setidaknya 59 sarkofagus tersegel, dengan mumi di dalamnya, ditemukan terkubur di tiga sumur lebih dari 2.600 tahun lalu.

"Saya menganggap ini adalah awal dari penemuan besar," kata el-Anany, menambahkan bahwa ada sejumlah peti mati yang belum digali di area yang sama.

Baca Juga: Ini penyebab ular liar di California hidup bak mumi

Dia berbicara pada konferensi pers di Piramida Langkah Djoser yang terkenal di Saqqara di mana peti mati ditemukan. Sarkofagus telah ditampilkan dan salah satunya dibuka di hadapan wartawan untuk menunjukkan mumi di dalamnya. Beberapa diplomat asing menghadiri upacara pengumuman tersebut.

Dataran tinggi Saqqara menampung setidaknya 11 piramida, termasuk Piramida Tangga, bersama dengan ratusan makam pejabat kuno dan situs lain yang berkisar dari Dinasti 1 (2920 SM-2770 SM) hingga periode Koptik (395-642).

Selanjutnya: Piramida Bungkuk di Mesir Kini Dibuka untuk Turis




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×