CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Puncak Hujan Meteor Perseid Terjadi 11-12 Agustus 2022, Bisa Dilihat Online


Jumat, 05 Agustus 2022 / 14:39 WIB
Puncak Hujan Meteor Perseid Terjadi 11-12 Agustus 2022, Bisa Dilihat Online
ILUSTRASI. Puncak Hujan Meteor Perseid Terjadi 11-12 Agustus 2022, Bisa Dilihat Online.


Penulis: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Puncak hujan meteor Perseid terjadi pada 11 dan 12 Agustus 2022. Bagaimana cara melihat fenomena tersebut? Menarik, puncak hujan meteor Perseid ini bisa Anda lihat secara online melalui tayangan live streaming.

Seminggu lagi, fenomena astronomi hujan meteor Perseid akan mencapai puncaknya. Sekadar tambahan informasi, hujan meteor adalah fenomena astronomi yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar di langit malam.

Melansir Space, fenomena astronomi ini menariknya dapat disaksikan secara online. Ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi Anda bila ingin melihat fenomena tersebut tetapi tidak perlu repot harus keluar rumah.

Hujan meteor Perseid di tahun ini diperkirakan mencapai puncaknya antara 11 dan 12 Agustus. Namun, cahaya bulan yang cerah dari Sturgeon Moon yang terjadi pada 11 Agustus mendatang akan mempersulit penglihatan hujan meteor ini.

Kabar baiknya, Virtual Telescope Project akan menyelenggarakan live streaming penampakan hujan meteor Perseid ini sebelum Sturgeon Moon mencapai puncaknya.

Live streaming Virtual Telescope Project akan diselenggarakan mulai 9 Agustus 2022 mendatang.

Baca Juga: NASA Peringatkan Badai Matahari Mengarah ke Bumi Dalam Waktu Dekat, Ini Dampaknya

METEOR-SHOWER

"Karena Bulan Purnama di malam puncaknya, kami akan menggelar siaran langsung ini dua hari sebelumnya, jadi satelit kami akan berada di bawah cakrawala, dengan jumlah meteor yang masih banyak!", ujar Gianluca Masi dari Virtual Telescope Project di website resminya.

Siaran langsung melalui website resmi Virtual Telescop Project pada 9 Agustus mendatang akan digelar mulai pukul 9 malam EDT  (Waktu Standar Amerika Serikat).

Live streaming tersebut juga akan membagikan apa pun yang tertangkap oleh kamera teleskop, termasuk hujan meteor Perseid yang menjadi objek utama.

Hujan meteor Perseids aktif setiap tahun dari pertengahan Juli hingga akhir Agustus, ketika Bumi melewati sisa-sisa puing atau serpihan es dan batu, yang ditinggalkan oleh Komet Swift-Tuttle.

Puncak Perseid terjadi saat Bumi melewati area terpadat dan paling berdebu dari jejak komet tersebut.

Baca Juga: Rekor Baru! Bumi Sempat Mengalami Hari Terpendek, Begini Penjelasannya

Hampir setiap tahun, di bawah langit yang cerah dan polusi cahaya yang rendah, pengamat dapat melihat hujan meteor Perseids antara 50 dan 100 per jam pada puncaknya.

Namun, cahaya terang dari Bulan Purnama pada Agustus ini, yang juga merupakan Supermoon kemungkinan akan mempersulit penampakannya.

Hujan meteor Perseids di tahun 2022 diperkirakan mencapai jumlah rata-rata meteor yang terlihat antara 10 dan 20 per jam selama puncaknya, seperti yang disampaikan oleh astronom NASA bernama Bill Cooke.

Oleh sebab itu, waktu terbaik untuk melihat hujan meteor Peresid tahun ini adalah pada dini hari saat Bulan berada di bawah ufuk, beberapa hari sebelum puncak.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat menyaksikan fenomena hujan meteor Perseid ini secara online yang diselenggarakan oleh Virtual Telescop Project.

Berikut link resmi website Virtual Telescope Project untuk melihat fenomena hujan meteor Perseid pada 9 Agustus 2022 mendatang.

  • Link streaming melihat hujan Meteor Perseid: https://www.virtualtelescope.eu/webtv/

Tandai kalender Anda, siap-siap buat nonton fenomena hujan meteor Perseid pertengahan Agustus 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×