Putin ke Xi Jinping: Rusia Sangat Hargai Posisi Seimbang China dalam Krisis Ukraina

Kamis, 15 September 2022 | 21:21 WIB Sumber: Reuters
Putin ke Xi Jinping: Rusia Sangat Hargai Posisi Seimbang China dalam Krisis Ukraina

ILUSTRASI. Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan di sela-sela KTT BRICS di Brasilia, Brasil, 13 November 2019.


KONTAN.CO.ID - SAMARKAND. Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (15/9) mengatakan, dia memahami bahwa Presiden China Xi Jinping memiliki pertanyaan dan kekhawatiran tentang situasi di Ukraina.

Tetapi, Putin memuji Xi atas apa yang dia katakan sebagai posisi "seimbang" dalam konflik Rusia dan Ukraina.

Perang Rusia di Ukraina telah menewaskan puluhan ribu orang dan mendorong ekonomi global ke perairan yang belum terpetakan, dengan lonjakan harga makanan dan energi di tengah konfrontasi terbesar antara Moskow dan Barat sejak Perang Dingin.

Pada pertemuan tatap muka pertama mereka sejak perang Rusia di Ukraina, Xi mengatakan, dia sangat senang bertemu "teman lama saya" lagi setelah Putin menyatakan upaya kasar Amerika Serikat untuk menciptakan dunia unipolar akan gagal.

Baca Juga: Beijing: Di Bawah Arahan Xi Jinping dan Putin, Hubungan China & Rusia Bergerak Maju

"Kami sangat menghargai posisi seimbang dari teman-teman China kami dalam hal krisis Ukraina," kata Putin kepada Xi dalam pertemuan di Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Samarkand, Uzbekistan, seperti dikutip Reuters.

"Kami memahami pertanyaan dan kekhawatiran Anda tentang hal ini. Dalam pertemuan hari ini, kami tentu saja akan menjelaskan posisi kami," ujar Presiden Rusia.

Pernyataan pertama Putin tentang kekhawatiran China atas perang di Ukraina datang hanya beberapa hari setelah pasukan Rusia kalah dan mundur di wilayah timur laut Ukraina.

Hanya, Xi tidak menyebutkan Ukraina dalam sambutan publiknya. 

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru