kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Raja Malaysia mendadak masuk rumah sakit, ini penyebabnya


Selasa, 29 September 2020 / 14:39 WIB
Raja Malaysia mendadak masuk rumah sakit, ini penyebabnya
ILUSTRASI. Raja Malaysia mendadak masuk rumah sakit, ini penyebabnya. REUTERS/Lai Seng Sin


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Kuala Lumpur. Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah dari Pahang mendadak dibawa ke rumah sakit. Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh istana, Sultan harus menjalani perawatan karena keracunan makanan dan cedera saat berolahraga.

Juru bicara istana Ahmad Fadil Shamsuddin mengatakan, Sultan Abdullah dari Pahang masuk ke Institut Jantung Nasional (IJN) Senin pekan lalu (21/9/2020). Selain karena keracunan makanan, Raja Malaysia berusia 61 tahun itu juga menjalani Pencitraan Resonansi Magnetik, atau MRI. Hasilnya seperti dilansir Channel News Asia Senin (28/9/2020), Sultan Abdullah dari Pahang mengalami cedera yang didapatnya saat berolahraga.

Menurut Fadil, penguasa "Negeri Jiran" sejak 2019 itu menggemari beberapa olahraga seperti polo berkuda, sepak bola, squash, hoki, dan golf. Fadil menerangkan, setelah raja menjalani perawatan intensif untuk menyembuhkan cedera di lutut dan engkel pada 24 September, kondisinya stabil.

Saat ini dengan pengawasan ketat dari tim medis IJN, Yang di-Pertuan Agong pengganti Muhammad V Kelantan itu menjalani perawatan lanjutan. "Al-Sultan Abdullah dijadwalkan untuk segera kembali ke Istana Negara secepatnya setelah menjalani program perawatan yang disarankan," jelas Fadil.

Baca juga: Silakan pilih, hanya Rp 100-an juta, lelang rumah sitaan bank di Depok

Pada Rabu pekan lalu (23/9/2020), pemimpin oposisi Anwar Ibrahim mengumumkan hal yang mengejutkan, di mana dia mengklaim mayoritas di parlemen. Anwar menuturkan dia seharusnya bertemu dengan Agong pada Selasa pekan lalu (15/9/2020).

Namun, sang raja kondisinya belum memungkinkan. Kemudian pada Jumat pekan lalu (25/9/2020), raja tidak berkenan menemui siapa pun selama sepekan karena kondisinya masih diobservasi.

Saat itu, Agong mengaku khawatir dengan kenaikan kasus Covid-19, termasuk 36 kasus yang berasal dari Malaysia Barat ke Sabah. Meski begitu, istana kemudian mengonfirmasi bahwa benar ada permohonan pertemuan antara Anwar Ibrahim dan istrinya, Wan Azizah Wan Ismail.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masuk Rumah Sakit, Raja Malaysia Dirawat karena Keracunan Makanan",

Penulis : Ardi Priyatno Utomo
Editor : Ardi Priyatno Utomo

Selanjutnya: Membandingkan kekuatan militer dari perang Armenia vs Azerbaijan, siapa lebih unggul?




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×