kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Raksasa asuransi dunia pinang ING unit Asia


Senin, 21 Mei 2012 / 16:34 WIB
Raksasa asuransi dunia pinang ING unit Asia
ILUSTRASI. Warga melakukan ibadah Salat Ied 1441 H berjemaah di Musholah Al-Idzhar di Kampung Kerapu, Penjaringan, jakarta


Reporter: Dani Prasetya, Reuters |

HONG KONG. ING Group mencatat calon pembeli serius unit asuransi dan manajemen aset di Asia miliknya. Perusahaan ini perlu menjaring dana demi melunasi dana talangan Pemerintah Belanda yang didapat tahun 2008 lalu.

Secara total, ING telah menjual aset yang tersebar di seluruh dunia senilai € 15,2 miliar. Namun, perusahaan ini masih harus membayar € 3 miliar (US$ 3,81 miliar) plus 50% saham premium milik Pemerintah Belanda.

Menurut informasi beberapa sumber, Manulife Financial Corp dan Metlife, tercatat pada daftar calon pembeli serius. AIA Group Ltd dan KB Financial Group juga disebut-sebut telah memasukkan penawaran.

Korea Life Insurance Co, Sun Life Insurance Co asal Kanada, dan Zurich Insurance Group asal Swiss berada di antara penawar tersebut. Rencana pelepasan unit Asia milik ING itu tidak hanya mengundang minat perusahaan asuransi, tapi juga beberapa perusahaan ekuitas seperti JC Flowers & Co, TPG TPG.UL, dan Carlyle Group.

Tawaran terakhir diperbarui Jumat (18/5). Indikasi penawaran harga antara € 6 miliar - € 7 miliar (US$ 7,6 miliar-US$ 8,9 miliar). Andai angka ini terealisasi, ini akan menjadi aksi akuisisi terbesar pada industri asuransi di Asia.

Mereka yang mundur

Delapan dari sepuluh perusahaan sudah melampirkan tawaran serius mereka. Dari jumlah itu, lima perusahaan berniat membeli seluruh divisi asuransi Asia, sedangkan sisanya berminat pada beberapa bagian bisnis. ING akan mengumumkan daftar pendek calon pembeli pada akhir Mei 2012.

Beberapa perusahaan besar juga sempat dikabarkan mundur dari penawaran. Sebut saja, Samsung Life Insurance, Kyobo Life asal Korea Selatan dan Prudential Financial. Absennya Prudential dari proses ini, memberikan kondisi kompetitif pada penawaran ING. Akuisisi akan menopang kompetisi pasar Asia, yang didominasi AIA Group Ltd dan Prudential.

Sebagai bagian rencana divestasi, ING telah menerima 10 pinangan untuk bisnis manajemen aset yang dijual terpisah. Unit yang diharapkan terjual US$ 500 juta-US$ 600 juta ini tengah berupaya mengembangkan bisnis asuransi di Asia, termasuk menjangkau Jepang dan Korea Selatan.

Kinerja keuangan ING kuartal I-2012 positif. Laba operasi asuransi Asia-Pasifik naik 39% dibanding kan setahun sebelumnya yang sebesar € 218 juta (US$ 282,2 juta). Wilayah Korea Selatan dan Jepang menyumbang 77% terhadap labanya, sedangkan Malaysia berkontribusi 10%. n




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×