kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ratusan tentara India dan China terlibat bentrokan di daerah perbatasan!


Senin, 11 Mei 2020 / 05:54 WIB
Ratusan tentara India dan China terlibat bentrokan di daerah perbatasan!
ILUSTRASI. Ilustrasi bendera India. REUTERS/Adnan Abidi TPX IMAGES OF THE DAY


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MUMBAI. Kementerian Pertahanan India pada hari Minggu (10/5/2020) mengatakan, pasukan India dan China yang bertugas melakukan patroli perbatasan terlibat pertempuran kecil di Sikkim, negara bagian India timur laut yang berbatasan dengan China. Kementerian Pertahanan India menyalahkan kedua pihak atas insiden tersebut.

"Perilaku agresif oleh kedua belah pihak mengakibatkan cedera ringan pada pasukan. Kedua pihak melepaskan diri setelah dialog dan interaksi di tingkat lokal," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan seperti yang dikutip Reuters.

Harian India Hindustan Times, mengutip sebuah sumber militer, mengatakan empat tentara India dan tujuh tentara China terluka ketika ratusan tentara saling baku hantam selama konfrontasi, yang dikatakan berlangsung pada hari Sabtu. Disebutkan, pertikaian itu melibatkan sekitar 150 tentara.

Baca Juga: Kini giliran Laut China Timur yang memanas karena insiden China-Jepang

Kementerian Pertahanan mengatakan insiden itu terjadi di daerah Nakula tetapi tidak memberikan rincian bagaimana bentrokan itu dimulai, atau apa yang menyebabkan cedera pada tentara.

Kementerian Pertahanan Tiongkok belum memberikan pernyataan resminya terkait hal ini.

India dan China sering saling tuduh atas gangguan di wilayah masing-masing, tetapi jarang terjadi bentrokan.

Baca Juga: Seorang dokter asal India resmi menjadi miliarder saat pandemi

Masih ada ketidakpercayaan yang mendalam antara kedua negara atas sengketa perbatasan mereka yang membara, yang memicu perang singkat pada tahun 1962.

Ratusan tentara dari kedua belah pihak dikerahkan pada tahun 2017 di dataran tinggi Doklam, dekat perbatasan India, Bhutan, dan China setelah India keberatan dengan pembangunan jalan China di daerah Himalaya, dalam kebuntuan kesepakatan paling serius selama bertahun-tahun.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×