kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rekor Baru! Transfer Pemain Liga Primer Inggris Mencapai US$ 2,97 Miliar


Minggu, 03 September 2023 / 21:28 WIB
Rekor Baru! Transfer Pemain Liga Primer Inggris Mencapai US$ 2,97 Miliar
ILUSTRASI. Piala Liga Premier diperlihatkan di dalam stadion sebelum pertandingan antara Manchester City melawan Chelsea dalam Liga Premier di Etihad Stadium, Manchester, Britain, Sabtu (15/1/2022). Action Images via Reuters/Carl Recine


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Klub-klub Liga Primer Inggris telah mecnatak rekor baru dengan menghabiskan dana transfer pemain hingga GBP 2,36 miliar pound di jendela transfer 2 September

Menurut analisis dari Deloitte, dana yang dikeluarkan oleh klub-klub Liga Primer Inggris ini setara dengan US$ 2,97 miliar atau setara Rp 35,93 triliun untuk belanja pemain baru pada jendela transfer awal musim byang baru selesai .

Jendela transfer pemain Liga Primer Inggris yang dibuka pada 14 Juni sebelum ditutup pada 1 September. Angka transfer pemain ini melampaui rekor tahun lalu sebesar GBP 1,92 miliar pound dengan catatan dari klub-klub papan atas menghabiskan 255 juta pound (US$ 320,99 juta) hingga hari akhir batas waktu yang diperbolehkan.

Klub-klub Liga Primer Inggris bertanggung jawab atas 48% dari total tersebut, pengeluaran di lima liga top Eropa, termasuk LaLiga, Serie A, Bundesliga dan Ligue 1.

Baca Juga: Chelsea Kalahkan Wimbledon 2-1, Susah Payah Lolos Babak Kedua Carabao Cup

"Rekor pembelanjaan Liga Primer Inggris yang kedua berturut-turut pada musim panas Klub-klub liga berpendapat bahwa pertumbuhan pendapatan dari tahun ke tahun bisa saja terjadi kembali setelah pandemi," Tim Bridge, mitra utama dalam Grup Bisnis Olahraga Deloitte, seperti dikutip kantor berita BBC. 

"Hampir tiga perempat klub Liga Primer Inggris (14) membelanjakan lebih banyak untuk musim panas ini, dibandingkan dengan musim panas tahun sebelumnya. Kondisi ini mencerminkan peningkatan intensitas kompetisi di Liga Primer Inggris.

“Terus ada tekanan pada klub-klub untuk menjadi yang teratas bakat untuk memenuhi tujuan mereka di lapangan, baik itu lolos ke kompetisi Eropa atau sekadar mempertahankan gelar mereka posisi di Liga Primer Inggris."

Chelsea telah menghabiskan lebih dari US$ 1 miliar untuk biaya transfer sejak kepemilikan baru dipimpin oleh Amerika Todd Boehly dan Clearlake Capital yang telah menyelesaikan pengambilalihan klub pada bulan Mei 2022 dari taipan Rusia, Roman Abramovic.

Baca Juga: Inggris Masih Tahan Duit Abramovich US$ 2,9 M Hasil Jual Chelsea untuk Korban Perang

Klub yang bermarkas di London itu memecahkan rekor transfer Liga Primer Inggris kedua kalinya dalam setahun dengan mengontrak gelandang Ekuador, Moises Caicedo dilaporkan seharga GBP 115 juta pound, melampaui rekor tersebut GBP 106 juta poundsterling yang mereka bayarkan untuk mengontrak gelandang Enzo Fernandez di Januari 2023.

Sementara Juara Liga Primer Inggris Manchester City mengontrak pemain sayap Jeremy Doku dengan harga 55 juta pound bulan lalu, setelah mendatangkan bek Josko Gvardiol seharga 77 juta pound dan gelandang Mateo Kovacic seharga 25 juta pound sebelumnya.

Penandatanganan terakhir Manchester City di jendela transfer adalah gelandang Matheus Nunes dari Wolverhampton Wanderers seharga 53 juta pound.

Runner-up musim lalu Arsenal mengeluarkan 65 juta pound untuk penyerang Kai Havertz yang mereka beli dari Chelsea, diikuti oleh 105 juta pound Gelandang Inggris Declan Rice, sedangkan Manchester United menghabiskan 72 juta pound pada striker Rasmus Hojlund.

Newcastle United yang finis keempat musim lalu membawa di gelandang Sandro Tonali seharga 55 juta pound dan pemain sayap Harvey Barnes seharga 38 juta poundsterling.

Nottingham Forest, yang finis di urutan ke-16 musim lalu, menandatangani kontrak sebagai sebanyak tujuh pemain pada hari batas waktu.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×