kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45867,90   6,23   0.72%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Robet Kiyosaki Sebut Kehancuran Ekonomi Sudah Dimulai, Ini 6 Langkah Agar Bisa Kaya


Kamis, 13 Juni 2024 / 03:05 WIB
Robet Kiyosaki Sebut Kehancuran Ekonomi Sudah Dimulai, Ini 6 Langkah Agar Bisa Kaya
ILUSTRASI. Robert Kiyosaki baru-baru ini memposting di X bahwa ia yakin kemerosotan atau kehancuran ekonomi yang signifikan sudah dimulai.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Robert Kiyosaki, influencer keuangan yang terkenal lewat bukunya “Rich Dad Poor Dad”, baru-baru ini memposting di X bahwa ia yakin kemerosotan atau “kehancuran” ekonomi yang signifikan sudah dimulai. 

Meski masa-masa tersebut penuh tantangan, namun menurutnya, kondisi itu juga menghadirkan peluang unik untuk memperoleh kekayaan.

Mengutip Yahoo Finance yang melansir GoBankingRates, Kiyosaki menguraikan enam strategi yang dapat dimanfaatkan saat terjadi krisis untuk meningkatkan peluang Anda menjadi kaya.

Apa itu keruntuhan ekonomi?

Financial crash atau keruntuhan ekonomi adalah penurunan nilai aset yang cepat dan signifikan di berbagai pasar, yang dipicu oleh gangguan ekonomi, perubahan kebijakan, atau peristiwa global yang tidak terduga. 

Penurunan tersebut dapat menyebabkan kesulitan ekonomi yang meluas, sehingga mempengaruhi lapangan kerja, tabungan dan hasil investasi.

Dalam beberapa tahun terakhir, perekonomian global telah mengalami beberapa kali keruntuhan pasar yang signifikan. 

Baca Juga: Ganti Mindset ala Robert Kiyosaki: Orang Kaya Beli Aset, Bukan Mobil atau TV

Krisis keuangan tahun 2008 dipicu oleh jatuhnya pasar perumahan dan sekuritas berbasis hipotek yang berisiko tinggi, yang menyebabkan kerugian lebih dari US$ 2 triliun pada perekonomian global. 

Baru-baru ini, penurunan harga saham pada tahun 2020 yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 mengakibatkan penurunan harga saham yang cepat dan perlambatan ekonomi yang parah.

Meski demikian, Kiyosaki memiliki saran ciamik agar kita bisa mendulang untuk saat situasi memburuk. 

6 Aturan Kiyosaki untuk Mendulang Untung saat Keruntuhan Ekonomi

1. Jangan menangkap pisau yang jatuh

Kiyosaki menyarankan agar pembelian impulsif tidak dilakukan saat pasar sedang turun. Saat harga saham jatuh, Anda tergoda untuk mencoba membeli saham perusahaan bagus dengan harga diskon. 

Kiyosaki memperingatkan, “jangan menangkap pisau yang jatuh” yang berarti kita disarankan untuk menunggu hingga harga aset stabil dan menghindari pembelian saat terjadi penurunan tajam untuk mencegah kerugian.

2. Belajar

Pendidikan merupakan hal yang penting dalam investasi. Kiyosaki menekankan pentingnya belajar dari berbagai sumber, termasuk YouTube, di mana menurutnya nasihat bisa baik atau meragukan. Dia menyarankan investor meluangkan waktu untuk mencari sumber yang kredibel dan memahami perspektif yang berbeda.

Baca Juga: Masih Investor Pemula? Robert Kiyosaki Punya 4 Resep Biar Cepat Kaya

3. Jaringan

Kiyosaki menyarankan untuk membangun hubungan dengan orang-orang yang memiliki aspirasi keuangan serupa dan menjauhkan diri dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab atas keputusan keuangan mereka.




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×