kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45806,19   -5,40   -0.67%
  • EMAS1.055.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.34%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Rudal hampir meledakkan kantor Kedubes AS di Irak, kelompok ini diduga pelakunya


Senin, 06 Juli 2020 / 08:24 WIB
Rudal hampir meledakkan kantor Kedubes AS di Irak, kelompok ini diduga pelakunya
ILUSTRASI. A ballistic missile is seen after it was fired toward the Saudi capital of Riyadh from an undisclosed location in Yemen, in this handout photo released December 19, 2017 by the Houthi movement's War Media. Houthi War Media/Handout via REUTERS ATTENTION ED

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - BAGHDAD. Sebuah rudal menyerang Zona Hijau di Baghdad, Irak, Minggu (5/7/2020) dini hari waktu setempat. Rudah menyerang kawasan yang merupakan lokasi Kedutaan Besar Amerika Serikat ( AS) dan kantor-kantor kedubes lainnya di Irak.

Serangan berhasil digagalkan oleh sistem antiroket, tapi melukai seorang anak dan merusak sebuah rumah. Di saat yang sama, pasukan keamanan dapat menghentikan rudal Katyusha lainnya dari peluncuran ke pangkalan udara militer Taji di sisi utara Baghdad, yang dihuni pasukan AS.


Baca juga: Harga mobil Xpander baru khusus Juli 2020 diskon jutaan rupiah 

Keterangan tersebut disampaikan oleh pernyataan militer Irak sebagaimana dikutip Reuters hari ini. Akan tetapi militer Irak tidak memberi keterangan lebih lanjut. Para pejabat AS menuding milisi yang didukung Iran sebagai otak di balik serangan-serangan rudal di fasilitas AS, termasuk di dekat kedutaan besar di Baghdad ini.

Namun, belum ada kelompok-kelompok dukungan Iran yang mengklaim serangan ini. Polisi dan petugas medis mengonfirmasi seorang anak terluka ringan, dan mengatakan penyebab luka adalah pecahan rudal yang jatuh di sebuah rumah.

Sumber kepolisian mengatakan, sistem anti-roket yang dipasang untuk melindungi kedubes AS, telah menembak jatuh rudal dan meledakkannya di langit sebelum menghantam Zona Hijau. Sebelumnya, sistem anti-roket itu telah diuji pada Sabtu (4/7/2020).

Pekan lalu pasukan keamanan Irak menggerebek sebuah markas milisi Kataib Hezbollah yang didukung Iran di selatan Baghdad. Lebih dari selusin anggota kelompok itu ditangkap dengan tuduhan terlibat dalam serangan rudal.

Baca juga: Ternyata, bahan makanan rumahan ini bisa jadi obat batuk alami yang ampuh 

Reuters mewartakan, sebagian besar dari mereka dibebaskan tak lama setelah itu. Kelompok-kelompok paramiliter yang didukung Iran menduduki bagian-bagian dari lembaga keamanan, ekonomi, dan kehidupan politik Irak. Perdana Menteri Irak Mustafa Al Kadhimi sempat mengindikasikan akan berbicara dengan para milisi, tetapi penangkapan pekan lalu menunjukkan bahwa dia akan menghadapi perlawanan keras.

(Aditya Jaya Iswara)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Zona Hijau Diserang, Rudal Hampir Hantam Kedubes AS di Irak", 



TERBARU

[X]
×