kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Rusia desak negara-negara teluk membentuk mekanisme keamanan kolektif


Rabu, 15 Januari 2020 / 13:31 WIB
Rusia desak negara-negara teluk membentuk mekanisme keamanan kolektif
ILUSTRASI. Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov memberi isyarat saat konferensi pers ketika rekannya Retno Marsudi berbicara kepada media di kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia di Jakarta, 9 Agustus 2017.

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan pada hari Rabu bahwa Moskow telah mendesak negara-negara Teluk untuk mempertimbangkan mekanisme keamanan bersama untuk wilayah tersebut. 

"Kami telah menyarankan kepada negara-negara Teluk untuk memikirkan mekanisme keamanan kolektif ... mulai dengan langkah-langkah membangun kepercayaan diri dan mengundang satu sama lain untuk latihan militer," kata Lavrov pada konferensi keamanan di Delhi seperti dilansir Reuters, Rabu (15/1).

Baca Juga: Kapal perang Rusia secara agresif mendekati kapal Perusak AS di Laut Arab

Ketegangan di Teluk meningkat setelah pembunuhan terhadap komandan militer Iran Jenderal Qassem Soleimani oleh militer AS dan serangan rudal pembalasan Iran terhadap pasukan AS di Irak.

"Karena saya menyebutkan tentang Teluk Persia, kami sangat khawatir tentang apa yang terjadi di sana," kata Lavrov.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif juga menghadiri konferensi di Delhi yang datang hanya sehari setelah Inggris, Prancis dan Jerman secara resmi menuduh Iran melanggar ketentuan perjanjian tahun 2015 untuk mengekang program nuklirnya, yang akhirnya dapat mengarah pada penerapan kembali sanksi PBB. 

Baca Juga: Ini lima poin pidato Trump soal rudal Iran: Salahkan Obama hingga kritik NATO




TERBARU

Close [X]
×