kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.130   40,00   0,26%
  • IDX 7.697   -47,60   -0,61%
  • KOMPAS100 1.196   -13,16   -1,09%
  • LQ45 960   -10,60   -1,09%
  • ISSI 231   -1,75   -0,75%
  • IDX30 493   -3,97   -0,80%
  • IDXHIDIV20 592   -5,69   -0,95%
  • IDX80 136   -1,30   -0,95%
  • IDXV30 143   0,32   0,23%
  • IDXQ30 164   -1,28   -0,77%

Rusia Siap Kembali ke Kesepakatan Biji-bijian Laut Hitam, Tapi Putin Punya Syarat


Kamis, 03 Agustus 2023 / 08:25 WIB
Rusia Siap Kembali ke Kesepakatan Biji-bijian Laut Hitam, Tapi Putin Punya Syarat
ILUSTRASI. Moskow siap untuk kembali ke kesepakatan biji-bijian Laut Hitam dengan persyaratan ini. Sputnik/Sergei Savostyanov/Pool via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KESEPAKATAN BIJI-BIJIAN - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada Presiden Turki Tayyip Erdogan pada hari Rabu (2/8/2023), bahwa Moskow siap untuk kembali ke kesepakatan biji-bijian Laut Hitam setelah Barat memenuhi kewajibannya sehubungan dengan ekspor biji-bijian Rusia sendiri.

Reuters memberitakan, kesepakatan itu, yang ditengahi oleh Turki dan PBB pada Juli 2022, memungkinkan ekspor biji-bijian yang aman dari pelabuhan Laut Hitam Ukraina. 

Bulan lalu, Moskow memutuskan keluar dari kesepakatan dan  menuduh Barat menghambat ekspor biji-bijian dan pupuk Rusia sendiri.

Dalam sebuah pernyataan tentang panggilan Putin dengan Erdogan, Kremlin mengatakan: "Tercatat bahwa dalam kondisi kurangnya kemajuan dalam implementasi 'kesepakatan biji-bijian' bagian Rusia, perpanjangan lebih lanjut telah kehilangan semua makna."

Ia menambahkan bahwa Rusia akan kembali ke kesepakatan segera setelah Barat benar-benar memenuhi semua kewajiban kepada Rusia yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga: Serangan Drone Ukraina Menghujani Kota Moskow: Rusia Intensifkan Pertahanan Udara

Ekspor biji-bijian dan pupuk Rusia tidak terkena sanksi Barat yang dikenakan pada Moskow atas tindakan militernya di Ukraina. Tetapi Moskow mengatakan pembatasan pembayaran, logistik, dan asuransi telah menjadi penghalang pengiriman.

Utusan AS untuk PBB mengatakan pada hari Selasa ada "indikasi" bahwa Rusia mungkin tertarik untuk kembali ke pembicaraan tentang kesepakatan itu. Ditanya tentang komentar tersebut pada hari Rabu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menekankan perlunya Barat untuk menghormati bagian dari kesepakatan mengenai ekspor Rusia.

Jembatan perdamaian

Kantor pemerintahan Erdogan mengatakan, pemimpin Turki itu telah menekankan pentingnya menghindari langkah-langkah yang dapat membahayakan dimulainya kembali kesepakatan biji-bijian Laut Hitam, yang dia gambarkan sebagai "jembatan perdamaian".

Kedua pemimpin juga sepakat bahwa Putin akan mengunjungi Turki, katanya. Seorang pejabat senior Turki mengatakan bahwa diskusi antara Ankara dan Moskow sedang berlangsung untuk kunjungan pada akhir Agustus.

Sebelumnya pada hari Rabu, Rusia menyerang pelabuhan pedalaman utama Ukraina di Sungai Danube, membuat harga pangan global lebih tinggi karena Moskow meningkatkan penggunaan kekuatannya untuk memberlakukan kembali blokade ekspor biji-bijian Ukraina.

Baca Juga: Drone Ukraina Targetkan Moskow, Bangunan Bertingkat Tinggi Dihantam

Pelabuhan tersebut telah berfungsi sebagai rute alternatif utama keluar dari Ukraina untuk ekspor biji-bijian sejak Rusia memperkenalkan kembali blokade de facto terhadap pelabuhan Laut Hitam Ukraina pada pertengahan Juli.

Kesepakatan itu bertujuan untuk meringankan krisis pangan global, dan harga biji-bijian telah meningkat sejak Moskow membiarkannya berakhir pada 17 Juli. Ukraina dan Rusia sama-sama pengekspor biji-bijian terkemuka.

Hampir 33 juta ton biji-bijian Ukraina diekspor saat kesepakatan Laut Hitam sedang berjalan.




TERBARU
Kontan Academy
Sales Mastery [Mau Omzet Anda Naik? Ikuti Ini!] Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×