kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saingi Amerika, Rusia bikin pesawat pembom siluman


Kamis, 28 Mei 2020 / 13:57 WIB
Saingi Amerika, Rusia bikin pesawat pembom siluman
ILUSTRASI. Pesawat militer Tupolev Tu-160 dan Tu-22M3 terbang dalam formasi selama latihan untuk flypast, yang menandai peringatan 75 tahun kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua, di Moskow, Rusia, 4 Mei 2020. REUTERS/Evgenia Novozhenina


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - MOSCOW. Rusia mulai membuat prototipe pesawat pembom siluman strategis pertamanya, ketika negeri beruang merah terus maju dengan modernisasi peralatan militernya.

Mengutip sumber-sumber industri pertahanan, kantor berita TASS, Rabu (27/5), melaporkan, United Aircraft Corporation milik Pemerintah Rusia mengawasi proyek tersebut.

Proyek dan pekerjaan pesawat pembom dengan tajuk PAK DA telah bergulir. "Perakitan akhir seluruh mesin harus selesai pada 2021," kata salah satu sumber kepada TASS seperti dilansir The Moscow Times.

Baca Juga: Bisa jangkau AS, Rusia uji kapal selam tak berawak bersenjata nuklir

Rusia merancang pesawat pembom siluman yang bisa menghindari deteksi radar sambil membawa persenjataan dalam jumlah besar.

Tahun lalu, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexei Krivoruchko mengatakan, pembuat pesawat Tupolev, bagian dari United Aircraft Corporation, bertanggungjawab atas proyek pembom siluman tersebut.

TASS menyebutkan, pesawat itu memiliki desain sayap yang mirip dengan pembom siluman milik Amerika Serikat (AS). Lalu, terbang dengan kecepatan subsonik dan membawa rudal jelajah juga senjata hipersonik.

Baca Juga: China ingin rilis pesawat bomber siluman jarak jauh anyar, tapi cemas akan hal ini

Pembom siluman B-2 Angkatan Udara AS termasuk pesawat yang paling ditakuti di dunia.

China juga sedang mengerjakan pembom siluman jarak jauh bernama Xian H-20. South China Morning Post melaporkan bulan ini, Xian H-20 berencana tampil perdana  di sebuah pameran dirgantara pada November nanti.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×