kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Samsung Electronics optimistis laba kuartal II-2021 melonjak 53%


Rabu, 07 Juli 2021 / 07:16 WIB
Samsung Electronics optimistis laba kuartal II-2021 melonjak 53%
ILUSTRASI. Samsung Electronics proyeksikan laba di kuartal II-2021 melesat 53%


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Samsung Electronics Co Ltd optimistis bakal mencetak kenaikan laba operasi hingga 53% pada kuartal II-2021. Target tersebut mengalahkan perkiraan analis, yang memproyeksi laba Samsung naik 38% di periode April-Juni 2021. 

Samsung menyebut, proyeksi kenaikan laba tersebut didasari oleh harga chip yang kuat dan permintaan yang tetap melonjak dan akhirnya mengangkat pendapatan perusahaan.

Pembuat chip memori dan smartphone terbesar di dunia menambahkan, laba untuk kuartal yang berakhir pada 30 Juni 2021 lalu berpotensi mencapai 12,5 triliun won atau setara US$11 miliar. Proyeksi ini di atas data Refinitiv SmartEstimate yang memprediksi laba sebesar 11,3 triliun won setara US$10 miliar, yang diambil dari 20 analis.

Dalam rilis pendapatan awal yang diberikan perusahaan, Samsung diperkirakan pendapatannya naik sekitar 19% dari periode yang sama tahun sebelumnya menjadi 63 triliun won. 

Laba dari divisi chip Samsung kemungkinan melonjak seperlima atau lebih dari tahun sebelumnya, kata para analis. Hal ini dibantu oleh harga chip memori yang kuat dan permintaan untuk elektronik konsumen dan dari pelanggan pusat data.

Harga chip DRAM, yang banyak digunakan di server, ponsel, dan perangkat komputasi lainnya, melonjak 27% dibandingkan dengan kuartal Maret, sedangkan chip flash NAND yang melayani pasar penyimpanan data naik 8,6%, menurut penyedia riset Trendforce.

Baca Juga: Laba Samsung Electronics diprediksi naik 38% di kuartal II-2021, ini alasannya

Pengiriman chip memori Samsung juga lebih besar dari yang diharapkan, berkontribusi pada keuntungan chip yang mengerdilkan penurunan pengiriman smartphone seperempat-ke-kuartal, kata para analis.

Keuntungan pada manufaktur kontrak chip dan bisnis desain chip logika kemungkinan juga meningkat karena operasi di pabrik yang dilanda badai di Texas kembali normal, kata para analis.

Bulan lalu, saingan chip memori asal Amerika Serikat (AS), Micron Technology Inc, melaporkan laba kuartalan yang mengalahkan perkiraan Wall Street, dan memperkirakan pendapatan kuartal saat ini di atas ekspektasi.

Di sisi lain, pengiriman smartphone Samsung turun menjadi sekitar 59 juta pada April-Juni dari sekitar 76 juta pada kuartal pertama, menurut Shinyoung Investment & Securities, karena penjualan model andalannya yang diluncurkan pada kuartal pertama melambat.

Wabah Covid-19 baru di wilayah seperti India dan Vietnam, serta terbatasnya pasokan chip prosesor seluler, juga merugikan pengiriman ponsel cerdas, kata para analis.

Saham Samsung telah diperdagangkan hampir datar sepanjang tahun ini versus kenaikan 15% di pasar yang lebih luas.

Samsung hanya merilis data terbatas dalam pengajuan peraturan Rabu (7/7), menjelang rilis angka pendapatan rinci akhir bulan ini.

Selanjutnya: Arab Saudi menyetujui rencana darurat umum untuk haji




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×