kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,82   1,25   0.16%
  • EMAS1.008.000 0,10%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Samsung manfaatkan pasar yang ditinggalkan perusahaan China di India


Senin, 03 Agustus 2020 / 12:25 WIB
Samsung manfaatkan pasar yang ditinggalkan perusahaan China di India
ILUSTRASI. Samsung memanfaatkan keterpurukan perusahaan China di India dengan gencar merilis seri smartphone murah ke pasaran.

Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. Konflik antara India dan China menyebabkan banyak perusahaan Tiongkok kehilangan tempat di negeri sungai Gangga. Inilah yang akan coba Samsung manfaatkan untuk memasarkan produknya di India.

Saat ini, Samsung jadi satu-satunya perusahaan teknologi besar non-China yang mampu bersaing di India. Sentimen anti-China yang mulai berkembang beberapa waktu terakhir ternyata memberikan keuntungan bagi perusahaan asal Korea Selatan itu.

Berdasarkan laporan Reuters, Samsung berhasil melonjak ke posisi kedua pasar smartphone di India dengan pangsa 26% pada kuartal kedua tahun ini. Hanya, Samsung masih belum bisa mengalahkan Xiaomi yang masih kokoh di puncak, dengan pangsa 29%.

Baca Juga: Maksimalkan penjualan domestik, Huawei akhirnya kalahkan Samsung

Selama beberapa tahun belakangan, Samsung cukup sulit menembus pasar smartphone di India yang didominasi oleh merek China, seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, dan Huawei.

Walaupun begitu, data dari Counterpoint menunjukkan, India menyumbang US$ 7,5 miliar pendapatan dari sektor smartphone tiap tahun untuk Samsung. Sumbangan tersebut juga menjadikan India sebagai pasar terbesar Samsung di luar Amerika Serikat.

Samsung juga sudah membangun fasilitas produksi di India sejak beberapa tahun lalu. Keberadaan pabrik tersebut yang juga membuat Samsung masih bisa bertahan di tengah segala pembatasan ekspor akibat pandemi virus corona baru.

Baca Juga: Apple dan Samsung mendominasi, ini daftar smartphone terlaris 2019

Pabrikan China, seperti Xiaomi dan Oppo, mengalami masalah produksi dan menyebabkan peluncuran beberapa produk mereka tertunda akibat pandemi Covid-19. Rantai ekspor mereka juga sepenuhnya terganggu.

Samsung meluncurkan 7 produk smartphone 



TERBARU

[X]
×