CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.466.000   -11.000   -0,74%
  • USD/IDR 15.860   -72,00   -0,46%
  • IDX 7.215   -94,11   -1,29%
  • KOMPAS100 1.103   -14,64   -1,31%
  • LQ45 876   -10,76   -1,21%
  • ISSI 218   -3,03   -1,37%
  • IDX30 448   -5,87   -1,29%
  • IDXHIDIV20 540   -6,91   -1,26%
  • IDX80 126   -1,77   -1,38%
  • IDXV30 135   -1,94   -1,41%
  • IDXQ30 149   -1,85   -1,22%

Samsung vendor paling untung sejagat


Senin, 29 Juli 2013 / 05:10 WIB
Samsung vendor paling untung sejagat
ILUSTRASI. Kasus Covid-19 1 Maret 2022 Berkurang, Ini Provinsi dengan Penurunan Terbanyak


Reporter: Sandy Baskoro | Editor: Sandy Baskoro

GUANGZHOU/SEOUL. Persaingan dua raksasa ponsel cerdas, Samsung Electronics Co Ltd dan Apple Inc, semakin ketat. Di kuartal kedua tahun ini, Samsung telah mengambil alih posisi Apple sebagai produsen ponsel cerdas dengan laba usaha tertinggi.

Strategy Analytics, sebuah perusahaan riset global, memperkirakan Samsung mencetak laba usaha sebesar US$ 5,2 miliar di kuartal kedua tahun ini. Angka itu melampaui estimasi laba usaha Apple senilai US$ 4,6 miliar.

Samsung tak secara khusus melaporkan kinerja keuangannya. Samsung memang merilis divisi mobile menyumbang laba US$ 5,6 miliar. Sedikit perbedaan dengan versi Strategy Analytics, berasal dari penjualan non-mobile.

Dus, apa yang menyebabkan Samsung mampu melewati Apple? Neil Shaw, analis senior Strategy Analytics, menilai Samsung menggabungkan peningkatan volume penjualan dan harga grosir yang tinggi. Di saat yang sama, produsen ponsel asal Korea Selatan ini memangkas beban biaya secara keseluruhan.

Apple, yang merupakan produsen smartphone paling untung sejak kuartal ketiga 2009, saat ini menghadapi dua tantangan utama dalam menghasilkan margin laba. Pertama, angka penjualan iPhone 5 lebih rendah ketimbang produk Apple lainnya. Kedua, Apple harus berjuang menghadapi persaingan dengan produsen lainnya.

Kinerja Samsung cukup bagus di Amerika Serikat. Sedangkan penjualan Huawei, ZTE dan merek lokal lainnya terus merangsek di China. "Saat ini, Apple berada dalam tekanan untuk meluncurkan model iPhone dengan harga lebih murah atau dengan layar lebih lebar untuk memenangkan kompetisi dan merebut kembali keuntungan yang hilang di semester kedua tahun ini," Executive Director Strategy Analytics, Neil Mawston, seperti dikutip pcmag.com.

Mengacu ke laporan kuartal ketiga tahun ini, Apple terus berjuang di pasar internasional. Pendapatan di pasar Eropa menyusut US$ 600 juta year-to-year, kemudian merosot US$ 800 juta di China, serta stabil di Asia Pasifik. Sedangkan pendapatan Apple di Jepang naik US$ 500 juta. Di China, Samsung mampu me-naklukkan Apple. Samsung bisa mendominasi pasar China karena produknya lebih beragam. Dengan model bervariasi, rasio penjualan ponsel Samsung dan Apple di China adalah empat berbanding satu.

Di sisi lain, Apple hanya meluncurkan satu produk per tahun, dengan harga premium. Kontras dengan Samsung yang merilis beberapa model dengan spesifikasi  dan level harga yang berbeda. "Orang China menyukai fitur," tutur Michael Clendenin, Direktur Pelaksana RedTech Advisors, perusahaan konsultan teknologi, seperti dikutip Reuters.



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×